Dinas PU Sediakan Aplikasi Pelaporan Jalan Rusak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Feb 2021 17:37 WIB

Dinas PU Sediakan Aplikasi Pelaporan Jalan Rusak

i

Jalan berlubang di Jl. Margomulyo Surabaya Rabu (20/1/2021). SP/DOC SP

SURABAYAPAGI, Surabaya - Banyaknya kasus jalan berlobang di Surabaya membuat sebagian masyarakat menjadi kurang nyaman dan rentan kecelakaan. Ini terlihat di beberapa ruas jalan di Surabaya yang terlihat berlobang maupun bergelombang akibat muatan berat yang melintasi jalan tersebut. 

Menurut Staff QRRMS (Quick Respon Road Management System) Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur Ainun Nuril mengatakan jika masing-masing jalan memiliki kewenangannya tersendiri. Jika memang harus mendapatkan pembenahan maka harus melalui pemerintah setempat maupun provinsi. 

Baca Juga: Virus Bentangkan Spanduk Tagih Janji Bupati Lamongan Semakin Meluas

"Harus dilihat terlebih dahulu, itu jalan Nasional, jalan Provinsi, atau kota. Biasanya kita hanya menangani jalan provinsi yang rusak," ujarnya. Senin (1/2/2021).

Namun Ainun menambahkan, jika memang terdapat laporan dari masyarakat terkait kerusakan jalan namun bukan jalan provinsi maka pihaknya akan meneruskan ke pihak pemkot untuk segera ditangani. 

"Kalau ada laporan kita sambungkan ke Pemkot nantinya, karena itu bukan wewenang kami kalau jalan kota," tandasnya.

 "Jalan di Tanjung Perak itu jalan Nasional, jadi kami tidak bisa," imbuhnya. 

Baca Juga: Sebabkan Jalan Rusak, Komisi C Panggil PDAM

Dirinya menuturkan jika saat ini Dinas PU memiliki aplikasi khusus untuk pelaporan jalan rusak. Aplikasi tersebut terhubung untuk wilayah Jawa Timur.

"Namanya Jalak Luwe yang berarti bisa lapor sendiri. Pemakaiannya mudah bisa langsung download di Playstore, jadi masyarakat bisa langsung lapor sendiri terkait jalanan yang rusak," paparnya. 

Dalam hal ini, dirinya mengaku akan cepat tanggap dalam menangani setiap laporan yang masuk. Saat ini terdapat 176 laporan yang masuk di Dinas PU melalui aplikasi tersebut. Hitungan ini diinput sejak awal Januari 2021. 

Baca Juga: DPUPR Mojokerto Kebut Proyek Jalan dan Jembatan Sepanjang 36,8 Kilo

"Semuanya sudah kami tangani, kami menangani langsung 1 kali 24 jam ketika ada laporan masuk langsung cek lapangan oleh bagian lapangan. Jika memang harus dibenahi maka kami benahi dengan sistem sapu bolong," pungkasnya. 

Menurut data yang dimiliki Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya, pada 2019 sebesar 99,19 persen kondisi jalan di Surabaya sudah baik. 

Hal ini juga pernah disinggung oleh Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya beberapa waktu lalu yang menyatakan jika telah berulang kali pihaknya mendesak agar segera memperbaiki, namun maish saja keluhan yang disampaikan oleh masyarakat. fm

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU