Dinasihati DPP PDIP, Gibran Diibaratkan Gula yang Diserbu Semut

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Mei 2023 20:33 WIB

Dinasihati DPP PDIP, Gibran Diibaratkan Gula yang Diserbu Semut

i

Ekspresi Gibran Rakabuming Raka usai dipanggil oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan kader senior Komarudin Watubun, di kantor DPP PDIP kawasan Menteng, Jakarta.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka, anak sulung Jokowi dipanggil DPP PDIP, di Jakarta, Senin (22/5/2023). Ini buntut pertemuannya dengan Ketua Umuk Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Solo pada Jumat (19/5/2023) lalu.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan pemanggilan terhadap juniornya di partai, Gibran Rakabuming Raka, bukanlah sebuah teguran. Hasto mengatakan PDIP hanya memberi nasihat kepada Wali Kota Surakarta atau Solo itu.

Baca Juga: PKS: Doa Saya Hakim MK Jadi Negarawan

"Tadi yang kita sampaikan kepada Mas Gibran adalah nasihat-nasihat. Bahkan Pak Komar sebagai senior itu juga memberikan masukan-masukan," kata Hasto usai mengadakan pertemuan dengan Gibran di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan sejumlah pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Pesan penting tersebut soal mewaspadai manuver politik.

"Pesan-pesan Ibu Megawati Soekarnoputri kepada Mas Gibran, bahwa berpolitik itu membangun peradaban, partai politik itu juga harus mewaspadai berbagai manuver-manuver politik, karena tujuan politik itu adalah bergerak ke bawah," ujar Hasto usai mengadakan pertemuan dengan Gibran. "Jadi memberdayakan rakyat turun ke bawah bersama rakyat," imbuhnya.

Senin pagi kemarin, Gibran tiba di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.30 WIB. Ia datang menaiki Kijang Innova Hitam dengan nomor polisi B 1072 ZF.

Gibran datang untuk memenuhi panggilan dan mengklarifikasi pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto beberapa waktu lalu. Dia sempat membantah pemanggilannya sebagai bentuk teguran.

 

Nasihat Ke Kader Junior

Ketua Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun mengungkapkan nasihat yang diberikannya ke Gibran.

"Saya memahami betul selain beliau sebagai kader yang masih muda kewajiban kita untuk memberi nasihat. Tadi kita sudah menyampaikan nasihat panjang lebar," kata Komarudin di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

Komarudin mengibaratkan Gibran seperti gula yang diserbu semut-semut. Karena itu, dia meminta juniornya itu untuk memilah mana semut yang datang kepadanya.

Baca Juga: Demokrat Juluki PDIP Partai Sombong

"Saya sampaikan bahwa Anda ini seperti gula dengan semut. Beliau posisinya sebagai gula yang diserbu dari mana-mana, tinggal menjaga, semut mana yang baik dan semut mana yang menjerumuskan," tuturnya.

Anggota DPR RI itu juga mengaku memahami posisi Gibran saat ini. Selain sebagai kader, lanjutnya, Gibran juga merupakan pemimpin daerah.

"Hari ini Mas Gibran datang dan menjelaskan dan kita pahami bahwa memang posisi beliau sebagai kader partai juga sebagai wali kota. Sekjen menyampaikan pesan-pesan ibu dan saya mendengar penjelasannya secara saksama dijelaskan secara baik," kata Komarudin.

 

Janji Gibran Tegak Lurus

Gibran mengaku sudah menjelaskan perihal menemani Prabowo bertemu relawan di Solo. Sebagai kader muda PDIP, Gibran menyatakan akan tetap tegak lurus dengan arahan Megawati.

Baca Juga: Pemilu Ulang tanpa Gibran, Ulangan Kekecewaan Kita

"Saya sudah menjelaskan kronologi terkait pertemuan kemarin," ujar Gibran.

"Saya sebagai kader PDI Perjuangan, sebagai kader muda, saya akan tetap tegak lurus sesuai dengan arahan Ibu Ketua Umum."imbuhnya

"Bukan teguran. Tapi Senin (22/5) besok saya dipanggil ke DPP," kata Gibran di Solo, Sabtu (20/5)

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu langsung memasuki kantor DPP PDIP. Sementara hingga berita ini ditulis, pertemuan digelar secara tertutup dan awak media tidak diizinkan memasuki area kantor PDIP.

Berdasarkan foto yang dirilis tim media DPP PDIP, Gibran mengenakan seragam PDIP merah berlengan panjang. Ia diterima Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan, Komarudin Watubun. Dalam foto itu, Gibran juga terlihat mencium tangan Hasto. n jk/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU