Dindik Bersiap Terapkan PTM Usai Berakhirnya PPKM Level di Kota Mojokerto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 18 Agu 2021 13:52 WIB

Dindik Bersiap Terapkan PTM Usai Berakhirnya PPKM Level di Kota Mojokerto

i

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid. SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto bersiap menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menyusul berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali dalam situasi Pandemi Covid-19.

Pembelajaran metode tatap muka di sekolah itu dapat diterapkan jika memenuhi persyaratan-persyaratan dan penurunan status PPKM level 4 di Kota Mojokerto.

Baca Juga: Insiden RS Gatoel Kota Mojokerto Terbakar: 3 Petugas Internal Luka-luka, Pelayanan di Tutup

Kadindik Kota Mojokerto, Amin Wachid menjelaskan pihaknya telah mempertimbangkan terkait menerapkan PTM di sekolah sehingga dapat dimulai setelah berakhirnya masa perpanjangan PPKM level 4 ini.

"Jadi pembelajaran PTM di sekolah akan kembali bisa diterapkan jika sudah zona oranye dan zona hijau atau PPKM level 2," ungkapnya, Rabu (18/7/2021).

Amin mengatakan adapun persyaratan PTM di sekolah juga memperhatikan kondisi Epidemiologis di daerah masing-masing terutama di wilayah Kota Mojokerto yang kini masih dalam level 4. Dia menyebut ada empat persyaratan utama yang harus dipenuhi untuk penerapan PTM di sekolah dalam situasi Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Peringati Isra' Miraj Pemkot Mojokerto Kembali Hadirkan Da'i Kondang Ustad Wijayanto

"Ada empat persyaratan utama bisa dimulainya PTM di sekolah yakni kondisi Epidemiologis, pemenuhan daftar periksa Prokes sekolah yang diunduh di Dapodik dan terverifikasi oleh KemendikbudRistek. Izin tertulis Kepala Daerah dan persetujuan tertulis orang tua/ wali murid," bebernya.

Menurut Amin, jika seluruh persyaratan itu terpenuhi maka dia akan mengintruksikan  kepada seluruh Kepala Sekolah untuk segera melakukan persiapan dan memulai pembelajaran PTM di kelas.

Baca Juga: Banjir di Kelurahan Meri Terparah Sejak 5 Tahun Terakhir, Bantuan Mulai Datang, Banjir Mulai Surut

Terpenting, prioritas pembelajaran PTM akan diterapkan di sekolah SMPN setelah itu disusul sekolah dasar. Apalagi, vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi pelajar terutama siswa SMPN di Kota Mojokerto masih berjalan dan hampir selesai.

"Rencana PTM di sekolah SMP terlebih dahulu disusul sekolah SD dan terkait realisasinya kita masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat," pungkasnya. Dwy

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU