Dinkes Kota Malang Gencarkan Edukasi Penanganan Stunting

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 12 Nov 2020 11:09 WIB

Dinkes Kota Malang Gencarkan Edukasi Penanganan Stunting

i

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sumarjono. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang akan semakin gencar memberikan edukasi kepada para ibu, yang juga disasarkan kepada calon ibu dalam upaya penanganan stunting sebagai salah satu fokus utamanya, Kamis (12/11/2020).

Selain itu, Sekretaris Dinkes Kota Malang, Sumarjono menjelaskan, juga akan memberikan kursus jadi ibu bagi catin (calon pengantin). Program ini sudah secara rutin diberikan yang bekerja sama dengan Kemenag. Setiap calon pengantin akan dibekali dengan informasi-informasi kesehatan yang harus dipersiapakan sebagai ibu hamil.

Baca Juga: 4 Perampok di Malang Tertangkap, 2 Masih Buron

"Ada kursus jadi ibu (sebagai salah satu upaya mencegah stunting). Itu diberikan selama 4 hari. Jadi, catin-catin yang sudah terdaftar di Departemen Agama itu istilahnya disekolahi, dikuliahi untuk mempersiapkan menjadi seorang ibu," jelasnya.

Materi bagi para catin sudah siap untuk diberikan, termasuk mengenai pemberian asupan makanan bergizi seimbang kepada bayi dan balita. Hingga memastikan setiap anak untuk selalu diimunisasi.

Baca Juga: Pj Wali Kota Malang: Layanan Jemput Bola Efektif

"Bagaimana memberi makanan anak yang baru lahir, balita terkait dengan menunya dan lain-lain. Kemudian juga imunisasi yang harus diberikan itu apa saja," jelasnya.

Sumarjono kembali menjelaskan terkait penjadwalan untuk ke Posyandu yang harus rutin dilakukan untuk pemantauan tumbuh kembang anaknya. Dengan begitu, maka seorang anak akan mengalami stunting dapat dicegah.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Gondanglegi-Balekambang Telan Anggaran Rp 600 M

"Bagaimana dia juga harus rutin ke posyandu (untuk proses pemantauan tumbuh kembang bayinya). Karena pembelajaran itu saat dia (catin) menjadi ibu tidak ada, maka ini diprogramkan," pungkasnya. Dsy11

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU