Dinsos Jember Berencana Berikan Bansos untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 06 Jul 2021 17:07 WIB

Dinsos Jember Berencana Berikan Bansos untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

i

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinsos Jember Widi Prasetiyo. SP/Dik

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Dinas Sosial Kabupaten Jember berencana akan memberikan ribuan bantuan sosial (Bansos) berupa paket sembako kepada warga terdampak kebijakan PPKM Darurat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinsos Jember Widi Prasetiyo mengatakan bahwa, sebanyak Dua Ribu paket sembako yang telah diajukan, untuk warga yang terdampak kebijakan PPKM Darurat. Agar tidak keluar dari area penyekatan.

Baca Juga: Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Gerakan Pangan Murah

“Bantuan Sosial (Bansos) itu masih tahap pengusulan kepada  Bupati Jember, berupa Rencana Kebutuhan Biaya (RKB). Itu Pun masih harus diperiksa dulu oleh pihak Inspektorat berkasnya,” ujar Widi diruang Kerjanya, Selasa (6/7/2021).

“Tahapannya seperti itu, kita tidak mau melakukan kesalahan yang sama seperti tahun kemarin. Jadi semua harus sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku,” tambah Widi

Selain itu, Widi menjelaskan bahwa penyaluran bantuan harus melalui rekomendasi Satuan Gugus Tugas (Satgas) PPKM Mikro yang berada di Desa/Kelurahan. Sebab merekalah yang lebih tahu warga yang sedang terdampak.

“Disalurkan kemana yakni daerah yang disekat, dan kita masih berpedoman pada PPKM Mikro itu sendiri,” katanya.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

Dan bantuan Sosial yang akan salurkan lanjut Widi, bukan uang tunai, tetapi berupa paket sembako, untuk mencukupi kebutuhan pokok bagi warga yang sedang menjalani diisolasi mandiri.

“Kalau dikasih uang tunai nanti belanjanya berkerumun lagi. Jadi kita akan mencukupi kebutuhan dasar yaitu makan,” jelasnya.

Widi berharap, melalui jaring pengaman sosial ini, pemerintah kabupaten Jember bisa menekan laju penyebaran COVID-19 dan agar masyarakat disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) selama PPKM Darurat.

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

“Kalau masing-masing individu taat Prokes, insya aLLah covid-19 tidak menyebar luas dan masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti semula "pungkasnya. dik

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU