Dipakai Liburan SMA, Bus DPRD Surabaya Kecelakaan di Tol Pasuruan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Mei 2023 21:16 WIB

Dipakai Liburan SMA, Bus DPRD Surabaya Kecelakaan di Tol Pasuruan

i

Kondisi bus DPRD Surabaya yang disewa oleh rombongan SMA usai liburan, mengalami kecelakaan di Tol Grati Pasuruan, Kamis.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Bus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya mengalami kecelakaan lalu lintas di kawasan Tol Grati, Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis (18/5/2023) pagi.

"Kejadiannya tadi pagi di Pasuruan," kata Kepala Unit PJR Jatim 4 AKP Suprihanto saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Mandala Shoji dan Istri Alami Kecelakaan Mobil hingga Ringsek, Tahun Ini Gagal Mudik

AKP Suprihanto, mengatakan bus yang dikemudikan Puji Kuswanto (39), warga Tambaksari, Kota Surabaya tersebut berisikan rombongan siswa SMA yang berjumlah 23 orang untuk keperluan tamasya.

"Alhamdulillah tidak ada korban meninggal dunia. Data yang saya terima, ada 4 orang yang terluka," jelas Kanit 4 PJR Polda Jatim, AKP Suprihanto.  Dari hasil olah TKP sementara, diketahui semula bus DPRD Surabaya itu bergerak dari arah timur menuju barat, untuk kembali ke Kota Surabaya seusai tamasya.

"Info yang kami mereka mereka pulang dari liburan, perjalanan kembali ke Surabaya," ungkapnya. Namun ketika kendaraan sampai di KM 812.100/B, diduga pengemudi mengantuk sehingga menabrak belakang kendaraan sejenis truk yang misterius yang melaju searah di depannya.

Akibatnya, bagian depan kendaraan bus pun ringsek. Namun kendaraan truk misterius itu terus melaju dan meninggalkan TKP.

Hingga saat ini keempat korban masih dirawat di RSUD Grati Pasuruan. Adapun identitas 4 korban luka tersebut yakni, M Faza Ismail (15), warga Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, korban alami luka robek pada pelipis di sebelah kanan robek pada dagu, gigi atas tanggal, lecet pada tangan kanan dan kiri serta memar pada kaki kiri. Prabowo Subiyanto (25), warga Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, korban alami luka memar pada tangan kiri, lecet pada pipi kiri dan dahi. Puji Kuswanto (39), warga Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, yang merupakan supir bus. Ia mengalami luka berat yakni memar pada kaki kanan, lecet pada kaki kanan dan kiri, tangan kiri, lecet pada pipi dan robek pada pelipis mata kiri. Dan korban yang terakhir Ali Akbar Satria Pratama (16), warga Mukyorejo, Kota Surabaya, ia mengalami luka ringan yakni luka robek pada kepala dan robek pada dagu.

Sementara kerugian material bus akibat kecelakaan yang dialami ditaksir mencapai Rp 7 juta.

Baca Juga: Hantam Pohon, Pengendara di Jombang Tewas

 

Rombongan Wisata SMA

Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono membenarkan adanya peristiwa tersebut. Bus itu satu dari total tiga unit yang disewa oleh rombongan masyarakat untuk wisata.

“Iya itu tadi pagi jam setengah 3 kecelakaan di tol perbatasan Probolinggo dan Pasuruan. Dari Banyuwangi pulang ke Surabaya. Berangkat semalam,” jelasnya, Kamis (18/5/2023) sore.

Baca Juga: Diduga Rem Blong, Bus Mira Tabrak Truk Muatan Ayam dan Pikap di Jombang, 2 Orang Tewas

Ia memastikan para korban mendapat perawatan terbaik di rumah sakit hingga diperbolehkan pulang.

“Saya sudah koordinasikan agar perawatannya memadai,” imbuhnya.

Namun soal kronologi lengkap peristiwa kecelakaan itu, Awi enggan menduga-duga dan menyerahkan sepenuhnya penyelidikan polisi. al/ham/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU