Dipaksa Pulang dan Dicoret di Olimpiade Tokyo 2020

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 03 Agu 2021 15:15 WIB

Dipaksa Pulang dan Dicoret di Olimpiade Tokyo 2020

i

Atlet Belarus, Krystsina Tsimanouskaya saat disuruh pulang dari Olimpiade Tokyo 2020. SP/ Olimpiade Tokyo

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Atlet Belarus, Krystsina Tsimanouskaya harus dipaksa pulang dari Olimpiade Tokyo 2020 lantaran yang harusnya ia dijadwalkan turun di nomor lari 200 meter. Namun, timnya punya rencana lain dan memasukkannya dalam tim estafet nomor 4x400 meter. Ia mengkritik dan protes, tapi kemudian malah dicoret tim di Olimpiade Tokyo 2020.

Pejabat timnya mendatangi Kampung Olimpiade dan memerintahkannya untuk mengemasi barang-barangnya. Ia disuruh pulang ke Belarusia. Sementara itu, Tsimanouskaya menolak untuk pulang ke negaranya. "Saya tak akan kembali ke Belarus," ucap Tsimanouskaya, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: 119 Atlet Sampang Siap Berbicara di Kancah Regional Jatim

Komite Olimpiade Belarus, dalam pernyataan resmi, menyebut pelatih memutuskan menarik Tsimanouskaya dari Olimpiade karena rekomendasi dokter tentang aspek psikologis sang atlet.

Peristiwa Tsimanouskaya yang menolak pulang ini kemudian menarik perhatian banyak pihak. Dalam perkembangan terkini, Polandia lalu memberikan visa bagi Tsimanouskaya.

"Dia akan terbang dari Tokyo, dengan penerbangan langsung, menuju Warsawa pada 4 Agustus," ucap Aleksandr Opeykin, Ketua Belarusian Sports Solidarity Foundation.

"Dia sudah menerima visa Polandia hari ini (Senin). Kami membantunya mencarikan tiket menuju Warsawa," kata Opeykin menambahkan.

Baca Juga: Bupati Ikfina Berangkatkan Kontingen Mojokerto untuk Berlaga di FORDA 1 Jatim

Opeykin juga yakin bahwa Tsimanouskaya bakal melanjutkan kariernya dengan mengajukan suaka ke negara lain.

"Dia adalah atlet muda, sukses, dan tentu dia ingin melanjutkan karier. Jadi dia butuh bantuan untuk terus berlatih dan mengembangkan diri," tutur Opeykin.

Sementara suaminya, Arseni Zdanevich, juga meninggalkan Belarusia dan pindah ke Ukraina. Para pejabat telah mengkonfirmasinya.

Baca Juga: Memperkuat dan Laksanakan Sinergitas TNI-POLRI, Poles Blitar Lakukan Olahraga Bareng dengan TNI

Adapun Wakil Menteri Luar Negeri Polandia, Marcin Przydacz, melalui Twitter mengumumkan bahwa Timanovskaya telah diberikan visa. Mereka mengaku memberi bantuan dengan alasan solidaritas dan mendukung karier profesionalnya.

"Polandia akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk membantunya melanjutkan karir olahraganya. (Polandia) selalu berdiri untuk solidaritas," cuitnya di Twitter. Dsy14

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU