Dipercaya Bawakan Bendera Merah Putih di Pembukaan Olimpiade Tokyo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Jul 2021 13:54 WIB

Dipercaya Bawakan Bendera Merah Putih di Pembukaan Olimpiade Tokyo

i

Atlet cabang selancar, Rio Waida. SP/ Olimpiade Tokyo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Atlet cabang selancar, Rio Waida dipercaya untuk membawakan bendera Merah Putih pada acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Rasa Bahagia dan gugup ia ungkapkan karena baru pertama kali ia mengikuti acara pembukaan multiajang olahraga yang dimulai Jumat (23/7/2021) tersebut.

"Saya sangat senang jadi pembawa bendera. Saya belum pernah melihat acara pembukaan, tapi teman saya bilang sangat bagus. Katanya saya akan berdiri paling depan, jadi nervous tapi excited juga," kata Rio, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: 119 Atlet Sampang Siap Berbicara di Kancah Regional Jatim

Di acara defile itu, Rio Waida akan mengenakan pakaian adat Bali yang terdiri atas sarung, atasan hitam, dan udeng untuk bagian kepala. Dia akan didampingi Nurul Akmal, atlet dari angkat besi, serta beberapa atlet lainnya dan Chef de Mission kontingen Indonesia, Rosan P. Roeslani.

Olimpiade Tokyo 2020 sebelumnya sempat ditunda setahun lalu karena pandemic Covid-19. Ajang terbesar olahraga itu akan dimulai pada 23 Juli-8 Agustus 2021 mendatang.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, tim surfing Indonesia mengirimkan dua orang atletnya yaitu Rio Waida yang telah dinyatakan lolos kualifikasi serta I Ketut Agus Aditya Putra sebagai atlet alternate atau atlet pengganti yang memiliki kemungkinan berlaga apabila ada atlet lain yang telah lolos kualifikasi namun tidak dapat bertanding karena sakit atau mengalami cedera.

Baca Juga: Bupati Ikfina Berangkatkan Kontingen Mojokerto untuk Berlaga di FORDA 1 Jatim

"Sebentar lagi sudah akan berangkat menuju Olimpiade, pagi saya latihan di pantai dan sore latihan di gym. Saya harus tetap fokus dalam latihan dan fokus juga agar tidak mengalami cedera," kata Rio Waida menambahkan.

Rio menambahkan, untuk persiapan dirinya akan fokus untuk berlatih di ombak yang kecil karena nantinya diperkirakan ombak yang ada di perairan Jepang saat Olimpiade akan memiliki karakter yang kecil dan pendek.

"Kesulitan ombak kecil itu biasanya bagi peselancar gerakannya nanti tidak semudah di ombak yang besar karena ombaknya tidak ada tenaga," katanya menegaskan.

Baca Juga: Memperkuat dan Laksanakan Sinergitas TNI-POLRI, Poles Blitar Lakukan Olahraga Bareng dengan TNI

Meski tantangan yang dihadapi bakal tidak mudah, Rio Waida menegaskan pada kejuaraan olahraga multi event terbesar di dunia itu dirinya berharap mampu memberikan yang terbaik dan menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia.

"Targetnya tentu saja emas. Persaingan memang ketat, semua atletnya bagus. Tapi saya optimis dan fokus terhadap persiapan diri saya sendiri," ujarnya. Dsy15

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU