Diprotes Warganet Ngaji Tersengal-sengal

Dewi Perssik. SP/ JKT

SURABAYAPAGI,com, Jakarta - Pedangdut sekaligus artis cantik Dewi Perssik diprotes sejumlah warganet usai membacakan ayat Al-Quran di surat At-Tinde dengan nada tersengal-sengal saat melantunkannya.

Lewat unggahan video di Instagram milik Dewi Perssik, ia pun terlihat mengenakan mukena dan memegang handphone sebagai acuan bacaan.

"Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. (Isi surat At-Tin) Kemudian kami kembalikan dia ketempat serendah-rendahnya," tulis Dewi Perssik dikutip Rabu (5/5/2021). Video inilah yang kemudian menuai protes dari warganet. Apalagi saat bacaan ayat Al-Quran yang terputus karena napas Dewi Perssik ngos-ngosan.

"Kenapa tampak ngos-ngosan mba?" tanya @abdullah.mansur.new.

"Jika nggak kuat dan ingin napas, hendaklah diulang bacaan yang sebelumnya. Nggak boleh baca Alquran dengan napas terengah-engah. Jadi bacaannya terputus-putus gitu," tulis @zart_nay.

Menanggapi kritikan tersebut, Dewi Perssik pun memberikan balasan yang bijak kepada warganet yang mengkritiknya.

"Boleh terputus apabila mengambil napas, istilah curi-curi napas kalau qiroat say. Nggak apa-apa napas say, asal. Nah, bacaannya boleh berhenti, diulang atau diteruskan. Tergantung hurufnya. :) Itu juga saya tahu ketika belajar di madrasah," balas penyanyi berusia 35 tahun tersebut.

Protes warganet pun tidak berhenti sampai disitu. Ada pula yang mengatakan Dewi Perssik salah membaca. Tetapi warganet itu justru tak menyebutkan kesalahan penyanyi yang akrab disapa Depe ini.

"Maaf banyak yang salah. Belajar lagi ya, sangat disayangkan sekali ya," tulis @nada8096.

Sementara protes terus mengalir, pujian juga hadir dari warganet lain.

"Masya Allah, bagus banget mi. Sehat selalu ya mi," tulis @mutiaparwita.

"Nggak apa-apa kalau ngos-ngosan, daripada nggak baca Al Quran sama sekali," imbuh @erna99372020. Dsy18