Direktur Poltera Akui Terlambat Terbitkan Ijazah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 11 Jan 2023 15:02 WIB

Direktur Poltera Akui Terlambat Terbitkan Ijazah

i

Politeknik Negeri Madura (Poltera).

SURABAYAPAGI.COM, Sampang - Ijazah mahasiswa Program Studi (Prodi) Keperawatan, Politeknik Negeri Madura (Poltera) angkatan 2019 yang telah menjalankan prosesi wisuda pada 24 September 2022 tidak kunjung terbit akibat proses akreditasi kampus belum selesai.

Direktur Poltera, Laily Ulfiyah menyampaikan, akreditasi Program Studi Keperawatan berakhir sekitar bulan Agustus dan telah dilakukan visitasi akreditasi pada November 2022.

Pihaknya mengakui, jika nilai akreditasi Program Studi Keperawatan Poltera sampai awal Januari 2023 belum keluar. Namun, disebutkan bahwa nilai akreditasi telah keluar beberapa hari lalu.

Menurut Laily, segala proses untuk menyelesaikan dokumen penting yang menjadi hak mahasiswa Keperawatan yang telah dilakukan supaya ijazah segera terbit dan dapat diserahkan kepada mahasiswa yang telah tuntas menjalankan akademik sampai Tugas Akhir (TA) di kampus Poltera.

Bahkan, pihaknya berani memastikan, bahwa ijazah akademi Prodi Keperawatan, Poltera dapat diterbitkan pada pekan depan Januari 2023. Tinggal proses cetak ijazah untuk ditempel foto dan tanda tangan mahasiswa.

"Bukan berarti kami menutup-nutupi atau menghambat ijazah untuk keluar. Ijazah pasti keluar. Nilai akreditasi yang menjadi kendala terhadap ijazah mahasiswa belum keluar," ujarnya, Rabu (11/1/2023).

Di sisi lain, Laily belum memberikan Surat Keterangan Lulus (SKL) terhadap mahasiswa Keperawatan pasca mengikuti prosesi wisuda. Lantaran, mereka perlu mengajukan permohonan sesuai kebutuhan, kepentingan atau tujuan tertentu.

"Penerbitan SKL sementara sesuai permintaan dari mahasiswa. Kami tidak bisa mengeluarkan SKL jika mahasiswa tidak mengajukan. Karena SKL tertulis untuk tujuan tertentu, misal kepentingan melamar kerja, keluar negeri atau hal lain," dalihnya.

Salah satu mahasiswa Prodi Keperawatan yang enggan namanya disebutkan, tetap bersikukuh mendesak Poltera supaya ijazah akademik segera terbit dan diserahkan. Sebab, merasa telah lama menunggu kabar jadwal pengambilan dokumen tanda tamat pendidikan akhir sejak selesai mengikuti prosesi wisuda.

"Saya bersama teman mahasiswa yang lain, merasa bingung karena terus menunggu kabar yang belum pasti untuk pengambilan ijazah akademik. Entah kapan ijazah bisa terbit dan diserahkan kepada mahasiswa," pintanya.gan

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU