Direktur Sampoerna yang Junjung Tinggi Kesetaraan Gender

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 23 Mei 2021 10:38 WIB

Direktur Sampoerna yang Junjung Tinggi Kesetaraan Gender

i

Elvira Lianita, Direktur PT HM Sampoerna Tbk. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Elvira Lianita yang selalu memegang teguh prinsip kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki sebagai harga mati. Berkat keyakinan tersebut, Elvira yang mengawali karier di dunia penyiaran bisa memangku jabatan penting di sebuah perusahaan tembakau terkemuka.

Belajar, belajar dan belajar. Demikian jawaban Elvira soal rahasia suksesnya. Menurutnya, komitmen untuk selalu belajar perlu dimiliki oleh setiap orang bila ingin meraih kesuksesan. Apalagi bagi orang yang pernah 'banting setir' pekerjaan sepertinya.

Baca Juga: Pegiat Lingkungan yang Gencar Edukasi Para Milenial Blitar

Memiliki ketertarikan di bidang komunikasi sejak muda, Elvira mengawali karier sebagai penyiar radio di Surabaya, Jawa Timur, pada 1993. Dari dunia penyiaran, ia pindah haluan ke industri hospitality dengan bekerja di hotel.

Elvira kini menjabat sebagai Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Sudah hampir 21 tahun ia mendedikasikan diri kepada perusahaan yang telah berdiri sejak 1913 itu.

"Saya cukup beruntung bekerja di perusahaan yang sangat mendorong terjadinya kesetaraan dan menghargai adanya perbedaan," katanya, Minggu (21/5/2021).

Menurutnya, lingkungan kerja yang demikian sangat sesuai dengan prinsip hidup yang diyakininya. Bahwa laki-laki dan perempuan sama-sama berkesempatan untuk mengaktualisasikan hidupnya, terutama dalam hal karier.

Baca Juga: Punakawan Petruk Ajak Anak Cintai Lingkungan Hidup

Meski merasa beruntung karena lingkungan kerjanya yang nyaman, Elvira mengaku perjalanan kariernya tak melulu berjalan mulus. "Pernah saya berada di posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama. Seperti stagnan dan tidak ada progress. Namun, saya tidak mau menyalahkan dunia," ungkapnya.

Situasi tersebut dijadikannya motivasi untuk berkaca dan mengevaluasi diri sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih baik untuk meraih karier yang lebih baik. "Saya refleksi, kira-kira hal apa saja dalam diri saya yang perlu diperbaiki atau dikembangkan," katanya.

Dari sekadar menangani urusan komunikasi perusahaan, Elvira dipercayakan untuk mengurusi regulasi dan kebijakan fiskal, mengembangkan hubungan dengan para pemangku kepentingan terkait dari tingkat regional sampai nasional. Berkat pengalaman itu, ia diberi tanggung-jawab sebagai direktur HM Sampoerna.

Baca Juga: Pantang Mundur Lestarikan Mata Air Hingga Jadi Lokasi Wisata

Semua keahlian tersebut mustahil didapatkanya tanpa kemauan untuk belajar. Tak hanya itu, Elvira sulit memungkiri bahwa cara ibunya dalam memperlakukan anak-anak dengan adil sangat memengaruhi pola pikirnya soal kesetaraan gender.

Dari perjuangan ibunya sebagai orangtua tunggal sekaligus menyadarkan Elvira bahwa perempuan mampu melakukan segala hal. Nilai-nilai yang Elvira dapat dari sang ibu itu diturunkan juga kepada anak-anaknya. Kepandaian penting, tapi tak cukup itu saja.

"Kita harus punya empati, sepandai apapun individu kalau tidak punya empati, dia akan sulit untuk maju," katanya. Dsy10

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU