Dirjen Capil Puji Layanan Cepat dan Rapi Dispendukcapil Kota Mojokerto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 17 Mar 2022 15:56 WIB

Dirjen Capil Puji Layanan Cepat dan Rapi Dispendukcapil Kota Mojokerto

i

Dirjendukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah saat meninjau layanan adminduk di MPP Gajah Mada Kota Mojokerto.

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Pelayanan cepat dan rapi Dispendukcapil Kota Mojokerto mendapat pujian setinggi langit dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Capil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah.

Apresiasi itu dilontarkannya usai meninjau secara langsung layanan administrasi kependudukan (adminduk) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada Kota Mojokerto, Kamis (17/3/2022).

Baca Juga: Stok Elpiji Melon Kota Mojokerto Aman untuk Puasa dan Lebaran

"Saya ucapkan terima kasih kepada Wali Kota Ning Ita karena layanan Dispendukcapil sangat bagus dan cepat. Tadi saya lihat sendiri ada warga mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) 15 menit langsung jadi. Dan cetak ulang KTP elektronik yang rusak, juga cuma butuh waktu kurang dari 5 menit," ujarnya.

Ia menyebut, kecepatan dan ketepatan ini menjadi salah satu kunci pelayanan yang bagus Dan nyatanya itu sudah bisa dibuktikan oleh Dispendukcapil Kota Mojokerto. "Saya lihat dengan mata kepala sendiri jika layanannya memang super cepat. Warga tak perlu antri lama, kurang dari 15 menit langsung selesai.

Selain itu ruangannya juga nyaman, bagus, rapi dan bersih. Mudah-mudahan layanan adminduk di MPP Kota Mojokerto ini bisa jadi percontohan bagi daerah lain," ujarnya. Masih kata Zidan, pihaknya sudah melakukan kunjungan di 400 daerah se Indonesia. Dan hari ini adalah giliran Kota Mojokerto, Kota Surabaya dan Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga: Sosialisasi PPDB Online 2024, Pj Wali Kota Mojokerto Minta Jangan Ada Sekat Geografis dan Minimalisir Persoalan Klasik

"Kunjungan ini untuk memastikan layanan adminduk berjalan dengan baik. Serta untuk mengevaluasi kesiapan daerah dalam rangka pelaksanaan layanan identitas dan layanan adminduk digital. Karena kita akan menuju era pelayanan digital," tukasnya.

Khusus untuk Kota Mojokerto, lanjut Zudan, pihaknya langsung memberi kado satu mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Hadiah ini diberikan atas kerja cerdas Pemkot Mojokerto dalam memberikan pelayanan adminduk cepat dan rapi

Baca Juga: Meriah, Lomba Patrol Ramadhan Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

"Sementara ini satu mesin dulu, kalau capaiannya terus bisa ditingkatkan, akan kita beri satu mesin ADM lagi. Lewat mesin ini nantinya, layanan pencetakan dokumen kependudukan bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat Kota Mojokerto," pungkasnya.

Sekedar informasi, kunjungan Dirjen Capil ini ditemui langsung oleh Kepala Dispenduk Capil Kota Mojokerto, Ikromul Yasak, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ruby Hartoyo dan Kepala Dinas BPMPTSP dan Naker Heryana Dodik Murtono. Dwi

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU