Disbudpar Banyuwangi Gelar Festival Karya Tari Virtual Sebulan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 23 Nov 2020 11:19 WIB

Disbudpar Banyuwangi Gelar Festival Karya Tari Virtual Sebulan

i

Festival karya tari di banyuwangi. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi menggelar sebuah festival karya tari sepanjang satu bulan ini secara virtual sebagai upaya untuk terus memunculkan kreativitasnya di tengah pandemi Covid-19, Senin (23/11/2020).

Kepala Dinas Budpar MY Bramuda menjelaskan, bahwa nantinya para penari menampilkan performanya di satu lokasi destinasi tertentu di setiap akhir pekan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, lalu disiarkan secara live di salah satu platform sosial media.

Baca Juga: Polisi Razia Pedagang Petasan di Banyuwangi

"Sebenarnya kegiatan ini merupakan acara Disbudpar yang digelar rutin tiap akhir pekan di pusat kota. Karena ada pandemi, sempat dihentikan. Kini, kami mulai tampilkan kembali dengan konsep yang berbeda. Festival dikemas secara virtual agar warga tetap bisa menikmati kesenian daerah," ujarnya.

Bramuda menjelaskan setiap peserta tetap tampil dengan protokol kesehatan dan tanpa kerumunan penonton. "Tampilnya bergiliran. Bisa di lokasi destinasi wisata tertentu seperti di Amphiteater Boom atau Amphiteater Doesoen Kakao Glenmore. Bisa juga di sanggar masing-masing. Asal tidak ada kerumunan penonton," jelasnya.

Baca Juga: Pelabuhan di Banyuwangi Ramai Dipadati Pemudik

Selanjutnya mereka dinilai oleh sejumlah juri ataupun kurator seni untuk diambil lima tarian terbaik. "Lima tari terbaik rencananya akan ditampilkan sebagai tarian pembuka event-event penting di Banyuwangi," katanya.

Di masa pandemi ini, Disbudpar Banyuwangi aktif menyajikan kesenian secara virtual. Selain Festival Karya Tari, terdapat juga Banyuwangi Performance Art yang menghadirkan tarian dan janger, Banyuwangi Weekend juga dihelat dengan menampilkan kesenian tarian di sejumlah hotel setiap akhir pekan.

Baca Juga: Kampung Nelayan Modern akan Dibangun di Banyuwangi

"Untuk jadwalnya bisa dilihat di media sosial Banyuwangi Tourism, selain Festival Karya Tari, ada juga aktualisasi seni lainnya yang dapat disaksikan secara online seperti Banyuwangi Performance Art dan Banyuwangi Weekend," pungkasnya. dsy12

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU