Dishub Bojonegoro Siapkan Aplikasi Uji KIR

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Mei 2021 19:49 WIB

Dishub Bojonegoro Siapkan Aplikasi Uji KIR

i

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bojonegoro Andik Sudjarwo.

 

SURABAYAPAGI.COM, Bojonegoro - Untuk menghindari aksi calo saat melakukan Uji KIR kendaraan, Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Bojonegoro menyiapkan aplikasi online.

Baca Juga: Blusukan ke Desa, Budiono Ajak Anak Muda Bojonegoro Berani Tampil

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bojonegoro Andik Sudjarwo mengatakan, sebelumnya Uji KIR Kendaraan masih menggunakan paper list dengan melampirkan foto kopi KTP, STNK maupun buku KIR Kendaraan saat melakukan pengujian. Setelah menggunakan sistem paper list berganti dengan sistem smart card.

“Beberapa cara yang telah kita coba ini ternyata masih banyak celah bagi calo. Sehingga terus kita tingkatkan kualitas pelayanannya,” ujarnya, Kamis (20/5/2021).

Dan saat ini, pihaknya telah meningkatkan kualitas pelayanan dengan menggunakan sistem aplikasi pendaftaran dan pembayaran online. “Perbaikan sistem ini untuk mempermudah pendaftaran KIR dan menghindari calo,” kata Andik.

Baca Juga: Sodexo Benefits & Rewards Services Menjadi Pluxee

Aplikasi Uji KIR itu kini baru diujicobakan. Diharapkan dengan sistem online ini bisa mempermudah proses pengurusan bagi pemilik kendaraan angkutan. “Sistem online ini lebih gampang, dengan hanya menunjukkan barcode kepada petugas, dan bisa dilakukan pembayaran secara online,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Uji KIR berasal dari Bahasa Belanda KEUR yang merupakan serangkaian pemeriksaan bagian-bagian kendaraan bermotor sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak dikendarai di jalan raya.

Baca Juga: Gresik Luncurkan Aplikasi GUS untuk Percepatan Penurunan Stunting

Jenis kendaraan yang harus melakukan pengujian ini meliputi kendaraan berplat kuning seperti taksi, angkutan umum, bus, truk, serta kendaraan berplat hitam yang digunakan untuk mengangkut penumpang seperti mobil sewa, taksi atau ojek daring, dan ojek pangkalan.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU