Dishub Kota Mojokerto Perketat Pengawasan Parkir Liar Biang Kemacetan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Mei 2023 16:17 WIB

Dishub Kota Mojokerto Perketat Pengawasan Parkir Liar Biang Kemacetan

i

Kepala Dishub Kota Mojokerto, Endri Agus Subianto

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto – Dinas Perhubungan Kota Mojokerto bakal terus pelototi parkir liar dan bongkar muat truk di sejumlah ruas jalan protokol. Selain menjadi sebab biang kemacetan, juga melanggar aturan lalu lintas.

Kepala Dishub Kota Mojokerto, Endri Agus Subianto mengakui hingga kini parkir liar di wilayahnya memang masih menjamur. Tak sekadar di trotoar yang seharusnya menjadi akses pejalan kaki, bongkar muat barang di depan pertokoan juga masih marak.

Baca Juga: Dorong Daya Beli Masyarakat, Kejaksaan dan Pemkot Mojokerto Sinergi Gelar Bazar Sembako Murah

"Sebenarnya itu sudah kita tertibkan berkali-kali. Tapi memang masih saja terjadi,’’ ungkapnya.

Penertiban bersama Satlantas Polres Mojokerto Kota selama ini kerap dilakukan. Hanya saja, nampaknya penindakan yang dilakukan petugas gabungan tak membuat para pengendara jera.

Termasuk, bagi mereka yang masih tetap membandel melakukan bongkar muat di bahu jalan raya.

 ’’Kalau ada dishub, pergi. Kalau dishub pergi, mereka kembali lagi, ya tiap hari seperti itu, kucing-kucingan,’’ terangnya.

Baca Juga: Terciduk Edarkan Pil Double L 1.600 Butir, Dua Pemuda di Mojokerto Berhasil Diamankan

Kendati begitu tak membuatnya patah arang. Setiap hari, anggotanya juga terus mobile untuk melakukan pengawasan parkir yang tak di tempatnya di sejumlah ruas Kota Onde-Onde ini. 

Hanya saja, pihaknya mengaku dishub tak bisa berbuat banyak selain melakukan pembinaan. Sebab, secara aturan dishub tidak memiliki kewenangan mengeluarkan tilang.

 ’’Mau kita derek juga tidak punya mobil derek. Kalau tilang sebenarnya sudah sering, tapi kewenangan tilang itu di kepolisian, kalau kita hanya menertibkan,’’ bebernya.

Baca Juga: Pasar Takjil Ketidur, Upaya Pj Wali Kota Ali Kuncoro Promosikan Aneka Kuliner Kota Mojokerto

Dia pun menyadari, menjamurnya bongkar muat barang di sepanjang Jalan Gajah Mada tersebut memang kerap menimbulkan kemacetan. Utamanya di jam-jam sibuk. Seperti halnya pagi hari di waktu berangkat sekolah dan bekerja, juga siang hari di jam pulang sekolah.

Tak sekadar itu, atensi parkir liar juga dilakukan di ruas jalan Majapahit Selatan serta jalan Pahlawan dan beberapa ruas jalan lainnya. 

’’Tapi yang jelas parkir liar dan bongkar muat truk di bahu jalan itu akan terus jadi atensi bagi kami, karena jalur itu kan jalur bebas parkir, dan poros memasuki Kota Mojokerto,’’ tegasnya. dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU