Home / Pemerintahan : Update Arsitektur dan Peta Rencana SPBE

Diskominfo Kota Kediri Ajak Semua OPD Samakan Persepsi dalam Pengelolaan SPBE

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 13 Nov 2022 17:48 WIB

Diskominfo Kota Kediri Ajak Semua OPD Samakan Persepsi dalam Pengelolaan SPBE

i

Apip Permana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika saat membuka Rapat Koordinasi Persamaan Persepsi Reviu Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Kota Kediri

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Persamaan persepsi dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) penting dilakukan agar terwujud keterpaduan layanan digital melalui penerapan arsitektur SPBE. Hal tersebut disampaikan Apip Permana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika saat membuka Rapat Koordinasi Persamaan Persepsi Reviu Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Kota Kediri pada hari Jumat (11/11) di Ruang Rapat Bappeda.

Dijelaskan Apip, arsitektur SPBE merupakan perangkat jasa untuk mendeskripsikan integrasi proses data dan informasi, aplikasi, infrastruktur dan keamanan SPBE. Hal tersebut bisa terwujud apabila ada kepedulian dari semua OPD untuk membagun bersama.

Baca Juga: Evaluasi SPBE 2020 Masuki Tahap Wawancara

“Perlu peta rencana untuk menggambarkan terkait aplikasi SPBE dan bagaimana menerapkannya dalam memberikan informasi - informasi pemerintah kepada masyarakat. Untuk itu, kita mengumpulkan para PIC di masing-masing OPD untuk menyamakan persepsi bahwa arsitektur SPBE itu merupakan tanggungjawab bersama. Masing-masing OPD memiliki indikator sehingga SPBE akan menjadi sukses apabila semuanya ikut andarbeni,” jelasnya.

Sebagai OPD yang diberi kewenangan untuk merancang tata kelola SPBE, Diskominfo Kota Kediri telah melakukan berbagai upaya agar semua OPD memiliki komitmen terhadap penerapan SPBE sehingga nilai komulatif SPBE di Pemerintah Kota Kediri bisa meningkat. Dan salah satu upayanya menurut Apip yaitu melalui rakor seperti ini. Apip menambahkan, arsitektur SPBE bukanlah tahap akhir melainkan masih ada digitalisasi pemerintahan yang regulasinya sudah dibentuk dalam rancangan undang-undang. Melalui kegiatan ini, Apip berharap masing-masing PIC OPD bisa menindaklanjuti arahan dari narasumber sehingga apa yang menjadi harapan bersama yaitu memiliki SPBE yang berkualitas bisa terwujud.

“Dengan nilai SPBE yang tinggi menunjukkan bahwa sektor pendidikan ada peningkatan, sektor kemiskinan bisa ditekan, harapan hidup lebih baik. Jika semua poin bagus, otomatis nilai SPBEnya juga meningkat. Setelah kita melewati SPBE dengan baik, ke depan akan ada level yang lebih tinggi yaitu digitalisasi pemerintah. Semua bekerja berdasarkan digital karena bisa terukur, akurat dan datanya bisa dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Rapat mengundang PIC dari 37 OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri. Dalam kegiatan ini, Diskominfo Kota Kediri menggandeng tim dari Institut Teknologi Sepuluh November  (ITS) Surabaya sebagai narasumber yang bergabung melalui zoom meeting. Adapun poin yang dipaparkan yakni tentang inventarisasi data di masing-masing OPD sehingga bisa terintegrasikan ke SPBE. Hal ini untuk mengupdate arsitektur dan peta rencana SPBE Kota Kediri yang disesuaikan dengan regulasi dan kondisi terkini. Kominfo

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU