Diskopar Probolinggo Gelar Festival Wisata Kuliner

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Okt 2022 19:48 WIB

Diskopar Probolinggo Gelar Festival Wisata Kuliner

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo menggelar festival wisata kuliner makanan khas Kecamatan Sumber, Minggu (9/10/2022).

Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Probolinggo, Nunung Timbul Prihanjoko, menjelaskan, dengan tradisi dan hasil pertanian masyarakat desa bisa diangkat melalui festival wisata kuliner. Potensi sumber daya alam telah dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pendukung ketersediaan pangan. Beragam bahan baku diolah menjadi sebuah kuliner tradisional yang khas dan dapat dinikmati banyak orang sebagai wisata kuliner.

Baca Juga: Pemkab Probolinggo Alokasikan Rp 2 M untuk Tekan Inflasi

“Dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata ini telah menjawab kebutuhan para pelaku kuliner khususnya Tim Penggerak PKK beserta Ibu-ibu untuk meningkatkan SDM dan mampu berdaya saing. Bukan hanya mengoptimalkan potensi dan ide-ide saja, tetapi juga memanfaatkan potensi dari kearifan lokal atau budaya di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Baca Juga: Maling Motor di Probolinggo Diamuk Massa

Festival wisata kuliner makanan khas Kecamatan Sumber yang digelar dalam rangka pelaksanaan pemasaran pariwisata dalam dan luar negeri ini diikuti Tim Penggerak PKK se-Kecamatan Sumber yang terdiri dari 9 (sembilan) desa dan 7 (tujuh) dusun. Untuk Desa Wonokerso sendiri terdapat 7 (tujuh) dusun yang mengikuti lomba festival wisata kuliner.

Untuk kategori makanan juara pertama diraih oleh Desa Sumber, juara kedua diraih Dusun Ledoksari, juara ketiga diraih Dusun Windon dan juara harapan diraih oleh Dusun Tugusari. Sedangkan kategori makanan kudapan, juara pertama diraih oleh Desa Ledokombo, juara kedua diraih oleh Dusun Krajan, juara ketiga diraih oleh Desa Tukul dan juara harapan diraih desa Gemito.

Baca Juga: BPBD Probolinggo Serahkan Bantuan Logistik Kepada Korban Longsor

Ketiga dewan juri juga melakukan penilaian dekorasi yang ada tiap-tiap peserta dan diambil tiga terbaik untuk menjadi pemenang. Juara pertama diraih oleh Desa Rambaan, juara kedua diraih oleh Desa Sumberanom dan juara ketiga diraih oleh Desa Cepoko. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU