Diskop-UKM Jatim Dukung Pengembangan Koperasi di Kota Malang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Mei 2023 10:15 WIB

Diskop-UKM Jatim Dukung Pengembangan Koperasi di Kota Malang

i

Kepala Diskop-UKM Jatim Andromeda Qomariah saat kegiatan penguatan kelembagaan koperasi di Hotel Montana Kota Malang, Rabu (24/5/2023). Foto: Pemkot Malang.

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang terus berupaya untuk mengembangkan dunia perkoperasian di wilayah setempat. Salah satu bentuk langkah yang dilakukan yakni dengan menggelar kegiatan penguatan kelembagaan koperasi.

Kegiatan yang digelar di Hotel Montana Kota Malang pada Rabu (24/5/2023) tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Dr. Andromeda Qomariah, MM.

Baca Juga: Diskop-UKM Jatim Gelar Pelatihan Packaging Produk UMKM

Dalam kesempatan itu, Andromeda memberikan motivasi kepada para pengurus koperasi di Kota Malang agar koperasi-koperasi di Kota Malang memiliki kelembagaan yang baik sehingga dapat berkembang dengan pesat seperti koperasi-koperasi di negara maju.

Andromeda mengatakan bahwa lembaga koperasi sebaiknya dikelola secara profesional. Jika di tingkat regional koperasi-koperasi tersebut sudah baik, maka diharapkan dapat bersaing secara global dengan bangsa-bangsa lain.

Ia pun memberi contoh lembaga koperasi di negara maju yang telah berkembang pesat.

“Coba kita perhatikan lembaga koperasi di luar negeri, seperti di Jepang, Paris, dan Amerika. Mereka merupakan lembaga-lembaga yang luar biasa,” kata Andromeda.

Baca Juga: Diskop UKM - Dekranasda Jatim Gelar Workshop Usaha Kekinian Bagi Milenial

Menurutnya, kemajuan koperasi di negara maju ini tidak terlepas dari profesionalitas dalam membangun koperasi, termasuk dalam aspek kelembagaan. Koperasi di luar negeri memiliki banyak anggota.

Kendati pendirian koperasi di Indonesia sudah memungkinkan walaupun hanya dengan sembilan orang anggota, hal itu dilakukan semata-mata untuk mempermudah proses pendirian.

Namun, jika berbagai sumber daya manusia dikombinasikan, maka hal tersebut akan menjadi sesuatu yang luar biasa. Terdapat banyak contoh koperasi di dunia, baik dalam sektor simpan pinjam, sektor pertanian, maupun sektor lainnya.

Baca Juga: Malang Fashion and Food Festival Diharapkan Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Salah satu contohnya adalah ACE, sebuah koperasi di Amerika Serikat yang saat ini memiliki lebih dari 5.000 gerai. Maka dari itu, Andromeda selalu berpesan agar tidak meremehkan badan usaha berbentuk koperasi yang memiliki badan hukum.

Justru di negara-negara besar, badan hukum koperasi ini menjadi kekuatan yang luar biasa. Hal ini karena terdapat perpaduan berbagai sumber daya manusia di dalamnya.

“Ada ahli teknologi informasi yang terlibat, ada ahli perbankan yang terlibat. Mereka bersatu padu membentuk sebuah koperasi yang unggul,” tutupnya. mlg

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU