Dispartan Trenggalek Siapkan Tim Pantau Pelaksanaan Idul Adha

Dispartan Trenggalek akan menyiapkan tim khusus untuk memantau pelaksanaan Idul Adha di Trenggalek.

SURABAYAPAGI.COM, Trenggalek - Pelaksanaan Idul Adha di tengah pandemi di Trenggalek sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, pada tahun ini, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek akan membentuk tim khusus untuk memantau pelaksanaan Idul Adha.

Kepala Dispartan Kabupaten Trenggalek Didik Susanto mengatakn, akan ada beberapa tim yang dibentuk untuk berkeliling ke tempat penyembelihan hewan kurban di seluruh wilayah kabupaten Trenggalek.

Tim khusus tersebut bertugas memastikan hewan yang disembelih sehat dan layak dikonsumsi. Serta memantai proses penyembelihan dan pembagian hewan kurban agar sesuai protokol kesehatan (prokes).

“Yang membedakan dari sebelumnya, selain memastikan hewan yang disembelih sehat dan layak konsumsi, tim dari kami juga turun untuk memantau bagaimana pelaksanaan prokesnya,” kata Didik, Rabu (14/7/2021).

Dalam aturan prokes, seperti yang diatur pemerintah pusat untuk daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Dispartan memastikan bahwa tempat penyembelihan hewan kurban berada di area yang luas.

Dengan demikian, prokes jaga jarak bisa diterapkan dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di masing-masing tempat.

Selain itu, tim dari Dispartan juga akan memastikan bahwa mereka yang datang ke lokasi penyembelihan hewan kurban adalah petugas pemotongan hewan kurban.

Rencananya, masyarakat umum dilarang datang sekadar untuk menyaksikan proses penyembelihan hewan tersebut.

Sementara itu, petugas pendistribusian hewan kurban juga wajib menggunakan masker dan sarung tangan saat membagikan daging kurban ke warga yang berhak. Mereka juga akan diminta untuk meminimalisir kontak fisik dengan penerima.