Dispemasdes Sebut, dari 59 Desa yang Gelar Pilkades 12 Diantaranya Ikut Ujian Tulis dalam Pilkades

Kasi penataan dan penyelenggaraan pemerintahan desa dispermasdes, Bukasan. SP/Dik

SURABAYAPAGI.COM, Jember - 59 Desa di Jember yang akan menggelar Pilkades, 12 diantaranya harus ikuti ujian tulis bakal calon. 

Mengingat, Desa tersebut jumlah calon Kepala Desa (Kades) dan sudah lolos verifikasi , ternyata melebihi jumlah yang telah ditentukan, sehingga harus dilakukan seleksi tambahan. 

"Dari laporan evaluasi terakhir ada 12 Desa yang lebih dari lima calon, "ujar Kasi Penataan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dispemasdes Jember, Bukasan jumat (25/6/2021) saat dikonfirmasi di ruangnya. 

Menurutnya, Pilkades kali ini bahwa, bakalan calonnya paling sedikit dua orang, sementara paling banyak lima. 

" Lebih dari itu, akan dilakukan ujian tulis pada 15 Juli 2021, di Aula PB. Sudirman, " terangnya.

Ia menjelaskan ujian tertulis tersebut berupa pilihan ganda, dengan 100 soal. Selain itu, pengujian akan dilakukan oleh pihak kabupaten. 

"Soalnya pengetahuan umum, tingkat kesulitannya level Sekolah Menengah Pertama (SMP) " Imbuhnya

Sementara, kelolosan calon nantinya, kata dia, akan ditentukan berdasarkan rangking, sehingga bagi yang nilainya paling rendah otomatis gugur. 

"Jadi kita ujian, soal seratus selesai, orangnya tidak usah kemana-mana,  langsung ditentukan, jadi langsung kelihatan oh aku olehe nilaine sak mene, sak mene, " imbuhnya

Menanggapi hal itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember Alfan Yusfi mengatakan bahwa tes tulis tersebut sebaiknya juga menyinggung persoalan yang terjadi di masyarakat Desa, Sebab para calon mayoritas masyarakat lokal. 

" Tentunya kepentingan warganya, meskipun mereka dari lulusan SMP, saya rasa tidak sulit menjawabnya, " tanggapnya

Sekedar informasi, 12 desa yang nantinya bakal calon kadesnya akan mengikuti ujian tertulis meliputi, 

Desa Ambulu (Kecamatan Ambulu), Mayangan (Gumukmas), Langkap, (Bangsalsari),Tugusari (Bangsalsari), Gambirono (Bangsalsari).  Kemudian, Desa Slanteng (Ledokombo), Mayang (Mayang) , Karangpring (Sokorambi), Sumberdanti (Sukowono), Gelang (Sumberbaru) Ampel (Wuluhan), Kesilir (Wuluhan). dik