Dispendikbud: 785 Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Agu 2022 16:45 WIB

Dispendikbud: 785 Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

i

Kadispendikbud Hasbullah dan Plt Direktur Sekolah Menengah Atas Dirjen Dikdasmen Kemendikbud, Winner Jihad Akbar. SP/Ist

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan – Kepala Dinas Pendidikan Sekolah Kabupaten Pasuruan, Hasbullah mengungkapkan, banyak sekolah yang lingkungannya telah menerapkan kurikulum merdeka. Tetapi, dia tidak menyebutkan secara pasti berapa jumlah sekolah tersebut.

“Ya sudah banyak yang sekolah yang menerapkan kurikulum mandiri. Kalau data rincinya saya lupa ada berapa sekolah,” kata Hasbullah, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Kuliahkan 115 Guru Sukwan Sampai S1

Plt Direktur Sekolah Menengah Atas Dirjen Dikdasmen Kemendikbud, Winner Jihad Akbar mengatakan sekolah di Kabupaten Pasuruan bebas memilih kurikulum. Terdapat tiga kurikulum yang bisa dipilih yakni kurikulum merdeka, kurikulum 2013, dan kurikulum darurat.

Baca Juga: Dispendikbud Kab Pasuruan Adakan Kegiatan Kerjasama dengan Balai Besar Guru

Kurikulum merdeka sendiri juga dibagi menjadi tiga sub bagian. Yakni mandiri belajar yang mengajarkan prinsip dasarnya saja, mandiri berubah yang memakai contoh-contoh pembelajaran di pusat, dan mandiri berbagi yang bahan ajarnya bikin sendiri dan disebarluaskan di sekolah lainnya.

“Jika di Pasuruan terdapat 785 sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka. Mulai dari tingkatan Paud, SD, SMP, SMA, SMK, hingga PKBN,” kata Winner.

Baca Juga: Dispendikbud Kabupaten Pasuruan Jalin Kerja Sama dengan Media Terverifikasi Dewan Pers

Winner juga mengatakan jika sekolah yang berupa pondok pesantren bisa menerapkan kurikulum saat ini. Asalkan setiap sekolah memahami dan guru sudah siap menjalankan kurikulum merdeka. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU