Dispendukcapil Wakili Kabupaten Kediri di Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik 2021

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Nov 2021 16:44 WIB

Dispendukcapil Wakili Kabupaten Kediri di Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik 2021

i

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri Bersama Inspektorat Kabupaten Kediri menjadi perwakilan dari Kabupaten Kediri

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Inovasi dalam pelayanan publik pada era sekarang ini menjadi sebuah keniscayaan. Hal ini dapat dilihat pada Kamis, 18 November 2021 bertempat di Grand City Surabaya diselenggarakan Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai tanggal 18-20 November 2021 yang bertempat di Grand Citi Surabaya.

Pada Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta dari Perangkat Daerah Propinsi Jawa Timur,Perangkat Daerah Kabupaten dan Kota,Kepolisian Daerah Jawa Timur,Kantor Wilayah,Kementrian atau Non Kementrian, Rumah Sakit Provinsi Jawa Timur, BUMD/BUMN, Lembaga Pendidikan dan Perusahaan Swasta dengan total mencapai 128 stand.

Baca Juga: Bandara Dhoho Kediri Rampung 100%, Siap Beroperasi Jelang Mudik Lebaran

Dengan diprakarsai oleh Bagian Organisasi Pemerintah Kabupaten Kediri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri Bersama Inspektorat Kabupaten Kediri menjadi perwakilan dari Kabupaten Kediri dengan menghadirkan inovasi pelayanan publik yang telah dilaksanakan di Kabupaten Kediri.

Kepala Dinas Dispendukcapil Kabupaten Kediri Wirawan SE.,M.M.Ak menyampaikan kepada awak media saat di temui di ruang kerjanya"dalam hal ini kami menampilkan inovasi berbasis online yaitu Aplikasi Sahaja Online, Sahaja Update, dan Sahaja Online Desa serta inovasi pelayanan offline Sahaja Lekat. Sedangkan dari Inspektorat menampilkan inovasi Aplikasi SIM-Audit, dengan sistem informasi audit SIM-Audit, akan mempercepat proses audit mulai dari perencanaan sampai pelaporan sehingga rekomendasi perbaikan untuk SKPD yang diaudit lebih cepat keluar".senin(22/11)

Salah satu pengunjung pameran,yaitu Zaenal Arifin warga Kabupaten Kediri yang sudah lama berdomisili di Surabaya sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya kegiatan ini, sehingga mendapatkan informasi dan layanan terkait mutasi dari daerah asalnya Kediri ke kota Surabaya. Pengunjung lain yaitu Agung Suprayitno memanfaatkan layanan cetak KTP pada saat pameran berlangsung.

Baca Juga: Ngabuburit Bersama Dukcapil, Cetak KTP-el dan Bagi Takjil Gratis

Saya bersyukur dapat merasakan manfaat pelayanan dukcapil selama pameran berlangsung dengan mendapatkan dokumen KTP-el dengan lebih dekat karena domisili saat ini di Kota Surabaya.

"Terima kasih kepada Bupati Kediri, H. Hanindhito Himawan Pramana, SH yang telah berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan dokumen kependudukan yang mudah, cepat, dan gratis.Dalam pelaksanaan kali ini dengan semangat new normal, semua pelaksaaan kegiatan tetap menerapkan protokol Kesehatan yang ketat, diantaranya Memakai masker, Peserta dan pengunjung minimal sudah vaksin pertama, Menyediakan titik hand sanitizer, Check in di aplikasi peduli lindungi.tutur Agung kembali.

Selain itu untuk memberikan rasa aman kepada pengunjung panitia juga menyediakan kelengkapan dan fasilitas swab antigen, rapid test, registration, photo booth dan photo panel acara. Harapan adanya pameran dan symposium ini adalah untuk menghadirkan secara nyata inovasi pelayanan publik yang disediakan dan bisa diakses oleh semua pengunjung pameran, Pengunjung dapat berinteraksi dengan layanan inovasi publik serta dengan harapan adanya duplikasi dan replikasi bagi sesama peserta pameran unutk dapat menerapkan di masing-masing daerah mereka.

Baca Juga: Pemkab Kediri Komitmen Tingkatkan Integritas Tata Kelola Keuangan Daerah

Selain itu, ada acara pelayanan yang diadakan adalah Vaksinasi untuk 1000 anak yatim, Presentasi inovasi publik oleh peserta pameran, Pelayanan publik di area pameran, Penandatangan komitmen replikasi inovasi pelayanan publik dan Seminar motivasi.

Di akhir kegiatan panitia mengadakan lomba yaitu lomba terhadap booth atau stand yang paling banyak pengunjungnya dan banyak menggunakan layanan, harapannya pemenang lomba mendapatkan apresiasi dan dukungan terhadap inovasi pelayanan publik yang diberikan kepada pengunjung pameran. Can

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU