Disperdagin Kota Kediri Bakal Tindak Tegas Penjual MinyaKita di Atas HET

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 17 Mar 2023 08:07 WIB

Disperdagin Kota Kediri Bakal Tindak Tegas Penjual MinyaKita di Atas HET

i

MinyaKita. Foto: Kemendag.

SURABAYAPAGI.COM, Kediri – Masih dijumpai pedagang di Kota Kediri yang menjual minyak goreng (migor) subsidi jenis Minyakita di atas ketetapan harga eceran tertinggi (HET). Padahal, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, dan Energi (Disperdagin) Kota Kediri melalui distributor telah mengalokasikan seharga Rp 12.600 per botol.

“Yang kita dropping kemarin itu Minyakita botol tutup hijau. Itu yang harus taat aturan harga sesuai HET Rp 14 ribu,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disperdagin Kota Kediri Rice Oryza Nusivera.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kediri Naik

Kendati demikian, Rice mengaku masih memaklumi adanya produk Minyakita yang dijual melebihi HET. Menurutnya, bisa jadi pedagang mendapatkan supply dari distributor lain.

“Karena barang yang kita drop dulu juga kemungkinan sekarang sudah habis,” ujarnya.

Meski begitu, mengacu Surat Edaran Kementerian Perdagangan Nomor 3/2023, penjualan MinyaKita mematuhi harga penjualan dalam negeri dan HET. Hal itu berlaku dari tingkat produsen, distributor, hingga pengecer. Maka dari itu, tindakan penegasan terhadap pedagang curang akan segera dilakukan.

Baca Juga: Racik Mercon, Warga Kediri Diringkus Polisi

“Untuk pedagang yang masih nakal akan ditindak oleh distributornya langsung berupa blacklist. Biar dialihkan ke pedagang yang jujur. Karena perjanjian pakta integritasnya itu antara pedagang dengan distributor,” jelasnya.

Saat disinggung mengenai rencana inspeksi mendadak (sidak), wanita yang akrab disapa Riris itu mengaku belum bisa memastikan lebih jauh.

“Menyusul agenda dropping selanjutnya. Waktunya belum bisa saya pastikan,” tuturnya.

Baca Juga: Relawan Suket Teki Nusantara Tasyakuran Kemenangan Prabowo - Gibran di Kediri

Sebelumnya diberitakan bahwa masih ada beberapa pedagang yang menjual Minyakita di suatu pasar di Kota Kediri yang mematok harga di atas HET. Mereka mengaku menjual Minyakita ukuran 1 liter dengan harga Rp 15 ribu lantaran harga dari distributor sudah mahal yakni Rp 13.750 per botol.

Tingginya harga dari distributor membuat pedagang eceran di pasar harus menaikkan harga. Dengan demikian, mereka baru bisa mendapatkan keuntungan yang layak. kdr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU