Disperidagin Kediri Buka Layanan Kepengurusan NIB dan Bantuan Modal Usaha

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Feb 2023 13:12 WIB

Disperidagin Kediri Buka Layanan Kepengurusan NIB dan Bantuan Modal Usaha

i

Warga Kota Kediri saat mengajukan program bantuan modal usaha. Foto: Pemkot Kediri.

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, Jawa Timur menyediakan layanan kepengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB)  dan pendaftaran bantuan modal usaha Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) Kota Kediri Tahun 2023 bagi para buruh dan pekerja pabrik rokok serta penyandang disabilitas.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri Tanto Wijohari mengatakan bahwa pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada semua kelompok untuk mempunyai usaha dengan bantuan modal usaha tersebut.

Baca Juga: Pemkot Kediri Launching Program Pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan 2024

Adapun sebanyak 20 petugas diterjunkan untuk membantu mensukseskan program tersebut. Dengan pelayanan ini, ia berharap, masyarakat khususnya buruh, pekerja pabrik rokok, serta disabilitas, bisa terfasilitasi mendapatkan NIB dan pendaftaran program bantuan modal.

"Kami menerjunkan 20 orang petugas untuk membantu pengurusan NIB dan pendaftaran program bantuan modal usaha DBHCHT Kota Kediri tahun 2023, tujuannya membantu mempermudah buruh dan pekerja pabrik rokok serta disabilitas untuk mendapatkan NIB dan pendaftaran bantuan modal," kata Tanto, Senin (27/2/2023).

Tanto menuturkan, program bantuan modal usaha DBHCHT 2023 merupakan salah satu upaya Pemkot Kediri dalam memulihkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Harapannya bisa meringankan beban pelaku UMKM di Kota Kediri, khususnya persoalan permodalan, sehingga ke depannya masyarakat Kota Kediri semakin berdikari," ujarnya.

Baca Juga: Aksi Demo di Kejaksaan Kediri Ricuh

Dalam pelaksanaan layanan tersebut, sejak diumumkan dibukanya pendaftaran bantuan modal tanggal 20 Februari oleh Walikota Kediri, antusiasme masyarakat yang mendaftar dan mendapatkan program ini sangat tinggi.

"Jumlah pendaftar program bantuan modal usaha DBHCHT Kota Kediri tahun 2023 sudah mencapai 10.848 orang dan saya optimistis jumlahnya masih akan terus bertambah karena pendaftaran masih akan dibuka sampai satu pekan ke depan," terangnya.

Mereka bisa mendapat bantuan modal usaha maksimal Rp10 juta tergantung dari usaha yang dikerjakan. Program ini juga sudah terealisasi tahun 2022 dan dilanjutkan pada 2023.

Baca Juga: Dinas Perkim Kota Kediri Target Wujudkan Hunian Layak Bagi Warga

Selain itu, ia menambahkan, Pemkot Kediri juga memberi kemudahan kepada mereka misalnya buruh dan pekerja pabrik rokok yang harus bekerja dari Senin sampai Sabtu, sehingga tidak bisa mendaftar pada hari dan jam kerja, maka jam layanan pun ditambah untuk membantu mereka.

"Awalnya layanan ini kami buka dari jam 09.00 WIB sampai 14.00 WIB, namun realitasnya layanan kita baru selesai pukul 18.00 WIB. Semoga layanan ini bisa membantu memudahkan masyarakat untuk mengakses program ini," tuturnya. kdr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU