Disperindag Jember Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Selama Ramadhan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Mar 2023 09:55 WIB

Disperindag Jember Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Selama Ramadhan

i

Disperindag Jember saat melakukan sidak ketersediaan kebutuhan pokok di sejumlah distributor di Jember. Foto: Diskominfo Jember.

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember, Jawa Timur memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di daerah tersebut aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Kepala Disperindag Jember Bambang Saputro mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sidak di sejumlah lokasi, yakni Gudang PT Rajawali Nusindo, gudang CV Fajar Jaya, dan gudang Bulog Jember. Ia memantau ketersediaan beras, gula pasir, dan minyak goreng yang menjadi bahan pokok strategis masyarakat.

Baca Juga: Pj Wali Kota Malang Himbau Warga tak Stok Bahan Pangan Berlebih

"Kami bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sudah melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah distributor dan alhamdulillah stok bahan pokok penting tersedia cukup," kata Bambang Saputro  di Jember, Rabu (22/3/2023).

Berdasarkan sidak di gudang PT. Rajawali Nusindo Jember, didapatkan stok Minyakita sebanyak 620 karton dengan masing-masing karton berisi 12 liter dan secara global memiliki stok Minyakita sebanyak 18 ribu karton yang pengadaannya dilakukan secara bertahap.

Selain Minyakita, juga ada minyak goreng premium merk Sania dan Camar sebanyak 10.000 karton serta gula pasir sebanyak 25 ton.

Baca Juga: Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Gerakan Pangan Murah

Sementara di gudang Fajar Jaya tersedia minyak goreng premium merk Sania dan Camar sebanyak 2.000 karton lebih dan di gudang Bulog Mangli masih tersedia 1,2 ton beras.

 “Alhamdulillah stok bahan pokok penting untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadhan bisa kita pastikan aman. Jadi sekali lagi tidak perlaku khawatir akan kebutuhan pokok di Kabupaten Jember sangat mencukupi untuk kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Bambang pun mengimbau masyarakat tidak perlu membeli kebutuhan pokok secara berlebihan karena stok barang di pasaran dipastikan aman selama bulan puasa.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

“Kita juga masih terus menggelar operasi pasar dan pasar murah selama Ramadhan ini, jadi jangan kahawatir stokn ya masih cukup banyak,” tuturnya.

Sebagai informasi, harga beras di sejumlah pasar tradisional di Jember berkisar Rp9.200 untuk beras medium dan Rp 12.300 untuk beras premium. Sedangkan untuk harga gula pasir masih stabil di kisaran Rp12.500 dan minyak goreng curah Rp14.500 per liter. jbr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU