Disporabudpar Sosialisasikan Prokes di Wilayah Destinasi Wisata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Jan 2022 14:18 WIB

Disporabudpar Sosialisasikan Prokes di Wilayah Destinasi  Wisata

i

Pengunjung wisatawan diwajibkan mematuhi Prokes.

SURABAYAPAGI, Sampang - Di akhir tahun 2021 dan memasuki Natal dan Tahun Baru (Natura) 2022. Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sampang, Madura, Jawa timur melakukan sosialisasi terkait prokes didaerah destinasi wisata yang berada di kabupaten Sampang.

Sesuai dengan surat edaran (SE) Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif. Nomor SE/III/M.K/2021, tanggal 21 Desember 2021, tentang aktivitas usaha dan destinasi pariwisata pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru tahun 2022.

Baca Juga: Dinas Pertanian TPHP Bangkalan Fokus Benahi Data Poktan

Menurut Kepala Disporabudpar Sampang H Marnilem S.Pd, melalui Kasi Pemasaran dan informasi Wisata, M Syahroni MS.I ,ia mengatakan memasuki perayaan Nataru kali ini, pihaknya telah mengadakan sosialisasi Terhadap pengelola pariwisata di Kabupaten Sampang, bahwasannya tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) terhadap pengunjung.

"Penerapan prokes, mulai dari penyediaan alat pengukur suhu terhadap pengunjung, menyediakan air bersih untuk cuci tangan, mengawasi pengunjung agar tetap memakai masker dan menjaga jarak," Syahroni saat ditemui diruang kerjanya, Senin (3/1/2022).

Selain itu, kata Syahroni pihak pengunjung diwajibkannya untuk mencuci tangan dengan air bersih dan memakai masker dan menjaga jarak, pengunjung juga di batasi dengan kapasitas pengunjung sebayak 75 persen, di masing-masing tempat pengelola wisata yang ada di Kabupaten Sampang.

Baca Juga: Pemkab Launching Rumah Daur Ulang Berkonsep Energi Terbarukan

"Pemantauan kami, dan ketika melihat data-data kunjungan pariwisata satu tahun atau dua tahun yang lalu, memang tahun baru kali ini, apalagi bertepatan hari libur, Sabtu dan minggu, di prediksi akan terjadi lonjakan kunjungan wisatawan," ungkapnya.

Dalam mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan tersebut, Syahroni menjelaskan akan terjadi didaerah destinasi pariwisata unggulan, yakni, destinasi unggulan wisata pantai camplong, pantai Lon Malang di Kecamatan Sokobanah, wisata air terjun Toroan Kecamatan Ketapang dan wisata Hutan Kera di Kecamatan Banyuates Sampang.

Baca Juga: Bersama Pemkab Polres Bangkalan Berangkatkan Balik Mudik

"Kami sebelumnya sudah mengantisipasi, dengan mengumpulkan para pengelola destinasi wisata dengan memberikan sosialisasi dan memberikan fasilitas cuci tangan dan desinfektan bagi para pengunjung di tempat wisata di Kabupaten Sampang," ujarnya.

Menurut Syahroni di masa vandemi covid 19 untuk mencegah claster baru penyebaran covid 19 bagi wisatawan destinasi wisata dalam rangka mencegah dan memutus dari virus covid 19. Bahkan telah di terapkan sebagai wisata CHSE di Kabupaten Sampang. gan

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU