Home / Opini : Kasih Karunia

Doa untuk Ayah-Ibu

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 26 Nov 2023 21:16 WIB

Doa untuk Ayah-Ibu

Saya pada awalnya diajarkan tentang doa dasar agama Katolik. Ini merupakan rangkaian kata-kata yang mendalam dan penuh makna.

Mengingat umat Katolik di berbagai negara pun mengetahuinya. Ajaran agama Katolik, berdoa merupakan salah hal yang tak bisa dipisahkan dalam hidup manusia. Manusia menjalin relasi dan menjaga keimanan dengan cara berdoa.

Baca Juga: Iblis

Jadi bagi orang-orang yang percaya akan hadirnya Tuhan dalam hidup mereka, berdoa adalah hal yang sudah seharusnya dilakukan.

Makanya, umat Katolik wajib mengetahui dan hafal beberapa doa dasar yang wajib dihafalkan dan dipahami maknanya.

Doa bagi umat Katolik merupakan landasan dasar dari kegiatan dan kehidupan sehari-hari.

Doa Katolik yang Wajib Dihafalkan adalah Tanda Salib.

Doa ini diikuti dengan gerakan membentuk salib di badan umat yang mau memulai berdoa dan sesudah berdoa.

Dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. Amin.

Baca Juga: Kekuasaan

Juga disusul Doa untuk Ayah-ibu:

"Allah Bapa yang penyayang, kami bersyukur atas anugerah keluarga ini. Kami berdoa untuk orangtua kami yang telah kami beri hidup dan mencintai kami dengan tulus. Mohon berkatilah mereka dengan kesehatan, kebahagiaan, dan berlimpah kasih sayang.

Ya Tuhan, berikanlah kebijaksanaan kepada orangtua kami dalam mendidik dan membimbing kami di jalan kebenaran. Permudahkanlah mereka dalam menghadapi tantangan hidup dan berikanlah kekuatan untuk melewati setiap cobaan. Bimbinglah kami, anak-anak mereka, agar kami selalu menghormati dan menghargai orangtua kami dengan setulus hati. Jadikanlah keluarga kami sarana untuk tumbuh dalam iman, kasih, dan persaudaraan.

Semoga doa kami ini diterima oleh-Mu, ya Allah Bapa yang penyayang. Kami menyampaikan doa ini melalui nama Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami. Amin."

Baca Juga: Imlek, Berbagi Kasih

Juga diajarkan Doa bagi Orangtua yang Sakit:

"Ya Allah Bapa yang penyayang, Kami datang di hadapan-Mu dengan hati yang penuh doa. Lihatlah orangtua kami yang sedang mengalami sakit dan penderitaan. Kami memohon untuk mereka kesembuhan fisik dan kedamaian dalam batin. Tuhan, Engkau yang Maha Penyembuh, Sentuhlah orangtua kami dengan tangan penyembuhan-Mu. Bebaskan mereka dari rasa sakit dan berikanlah kekuatan dalam proses penyembuhan mereka.

Kami juga memohon agar Engkau memberikan keberanian bagi kami, anak-anak mereka, Untuk tetap berdiri di samping mereka, memberi dukungan dan kasih sayang tanpa henti. Ya Allah, dalam cobaan dan penderitaan ini, Kami percaya bahwa Engkau senantiasa ada di sisi kami, Memberikan penghiburan dan anugerah yang tak terbatas.

Terima kasih, Tuhan, atas kasih karunia-Mu yang melimpah. Kami berserah sepenuhnya kepada-Mu, Memohon agar kehendak-Mu yang baik dan sempurna terjadi dalam hidup orangtua kami. Semoga doa ini didengar oleh-Mu dan diterima dengan penuh kasih sayang. Kami menyampaikan doa ini melalui nama Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami. Amin."  (Maria Sari)

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU