Dokter: Tips Cegah Anak Batuk Pilek Berulang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Okt 2022 19:19 WIB

Dokter: Tips Cegah Anak Batuk Pilek Berulang

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Dokter spesialis anak Dwinanda Aidina mengatakan beberapa penyakit perlu diwaspadai karena rentan menyerang anak-anak saat musim hujan. Salah satunya batuk pilek yang dapat dicegah dengan tetap mengonsumsi gizi seimbang.

"Memang kita tidak bisa menghindari musim hujan, tapi kita bisa mencegah agar anak-anak kita lebih sehat dan lebih siap menghadapi musim hujan," kata dokter dari Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional RSAB Harapan Kita dalam bincang virtual di Jakarta, Kamis (20/10).

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Dr Dwinanda mengatakan terdapat beberapa patogen lebih optimal bekerja pada saat cuaca dingin atau musim hujan. Dia juga menyebutkan bahwa penyebab batuk pilek sebenarnya bermacam-macam, contohnya common cold, influenza, adenovirus, RSV, dan sebagainya.

Pada umumnya penyebab batuk pilek yang biasa merupakan virus kategori ringan. Akan tetapi, menurut Dwinanda, anak dapat lebih rentan terinfeksi virus jika daya tahan tubuhnya belum maksimal.

"Anak-anak sistem imunnya belum terlatih, jadi mereka lebih mudah terkena infeksi virus dibanding orang dewasa," kata dia.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Misalnya, anak main bersama temannya yang pilek. Besoknya, anak ikutan pilek.

"Kalau orang dewasa, anak kita sakit seharian atau seminggu pilek juga mungkin bisa tidak ketularan," ujar dr Dwinanda.

Jika sakit pada anak sering berulang, menurut dr Dwinanda, kondisi tersebut umumnya secara tidak langsung akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Apalagi jika anak-anak mengalami terkait infeksi berat hingga harus dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Menurut dr Dwinanda, pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif pada bayi akan memberikan imunitas yang lebih baik. Itu jika dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapat ASI eksklusif. Pemberian nutrisi seimbang pada anak juga dapat membuat imunitas mereka lebih baik dibandingkan anak dengan gizi kurang atau gizi buruk.

"Yang penting gizi seimbang, ya. Jangan bosan-bosan dengan gizi seimbang karena semua komponen gizi itu sangat diperlukan untuk anak, baik karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Harus sesuai dengan komposisi tubuh, usia, dan berat badan anak-anak," katanya.hlt/btk

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU