Dongkrak Perekonomian Warga, Pemdes Wonoplintahan Siapkan Pasar Desa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Nov 2023 14:09 WIB

Dongkrak Perekonomian Warga, Pemdes Wonoplintahan Siapkan Pasar Desa

i

Ir. H. Joko Setyanggono, Kepala Desa Wonoplintahan. SP/ JUM

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Pemerintah Desa (Pemdes) Wonoplintahan, Kecamatan Prambon, Sidoarjo, tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur. Tetapi, peningkatan ekonomi warga menjadi perhatian serius. 

Mulai tahun ini pemdes menyiapkan rencana pembangunan pasar desa. Sehingga, dengan adanya pasar desa di Wonoplintahan dapat mendongkrak perekonomian warga.

Baca Juga: Perbaikan Sekolah Rusak Terdampak Bencana Alam Jadi Prioritas

Kepala Desa (Kades) Wonoplintahan Joko Setyanggono mengatakan, perekonomian warga tetap menjadi perhatian pemerintah desa. Salah satu potensi yang dapat meningkatkan perekonomian warga, dengan adanya pasar desa. Oleh karena itu, mulai tahun  depan direncanakan pembangunan pasar desa tersebut.

”Kami di jajaran pemdes akan membangun pasar desa. Rencananya akan dilaksanakan tahun depan. Lokasinya strategis karena di tepi jalan raya,” katanya, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga: Curanmor di Sidoarjo Juga Sasar Kos-kosan

Kades Joko Setyanggono  menambahkan, untuk merealisasikan pasar itu dibutuhkan anggaran dan bertahap. Nah, untuk tahun ini pihaknya alokasikan untuk penggurugan lahan. Untuk rencana pembangunannya baru dilanjutkan alokasi anggaran tahun berikutnya. Yaitu 2024.

”Pasar desa mulai dicicil dan disiapkan tahun ini. Untuk merealisasikan pembangunan pasar desa, baru seluruhnya di tahun depan. Karena melihat kemampuan APBDes, pembangunan pasar desa itu dilakukan secara bertahap,” terangnya.

Selain mendongkrak perekonomian warga, pasar desa nantinya juga memberikan kontribusi berupa Pendapatan Asli Desa (PADes). Yakni melalui pos retribusi kios di pasar desa tersebut.

Baca Juga: Harga Beras masih Tinggi, Warga Berharap Disperindag Turun Tangan

Tentu nantinya keberadaan pasar desa, mendapat atensi dan perhatian khusus dari pemdes setempat. Pemdes optimistis ke depannya akan ramai pembeli dan penjual.

“Pengelolaannya di bawah langsung pemdes, kedepan akan dikelola langsung oleh BUMDes yang baru saja terbentuk belum lama. Dengan adanya pasar desa ini, membawa nilai positif bagi pemdes dan juga warga,” ungkapnya. jum

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU