Doni Monardo Imbau Pasien yang Sembuh Sumbangkan Plasma Darahnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jun 2020 21:11 WIB

Doni Monardo Imbau Pasien yang Sembuh Sumbangkan Plasma Darahnya

i

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo. SP/ADT

SURABAYA PAGI, Surabaya - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo meminta agar seluruh pasien yang berhasil terkonversi negatif atau dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Jawa Timur bersedia untuk menyumbangkan plasma darahnya.

Baca Juga: Divaksin Bukan Otomatis Bunuh Virus

"Kami mengimbau agar 654 pasien Covid-19 yang telah sembuh ini untuk bersedia menyumbangkan plasma darahnya, yang nantinya diambil dari tubuh melalui sebuah sistem yang tadi disampaikan oleh Menkes metode Plasma Convalescent," ujar Doni saat konferensi pers di Gedung Grahadi pada hari Selasa (2/6/2020).

Diyakini bahwa melalui metode Plasma Convalescent, plasma darah dari pasien Covid-19 yang sembuh dapat menetralisir virus Covid-19 yang berada di dalam tubuh pasien positif. Doni berkata bahwa berdasarkan pengalamannya, pasien dengan metode ini bisa sembuh total."Dari beberapa pengalaman sebelumnya, pasien yang mendapat terapi Plasma Convalescent ini sembuh total,” kata Doni.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional ini juga memberikan bantuan berupa 21 pack Plasma Convalescent. Nantinya sumbangan plasma darah ini akan diberikan kepada rumah sakit untuk membantu penanganan pasien. "Nantinya ini (plasma darah) akan dibagikan ke sejumlah rumah sakit untuk membantu merawat pasien positif Covid-19 yang berat dan sangat berat," jelasnya.

Kedatangannya ke Gedung Grahadi bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto ini atas perintah langsung dari Presiden Joko Widodo untuk memberikan dukungan bantuan untuk Provinsi Jawa Timur. Dalam beberapa waktu terakhir ini, kita ketahui terdapat peningkatan kasus positif di Jawa Timur. Bukan menjadikan masyarakat khawatir, ini karena kemampuan Pemprov yang didukung bupati dan wali kota untuk melakukan tes yang masif. Dengan keberhasilan tes ini, akan sangat menentukan dalam mengurangi dan memutus rantai penularan Covid-19," pungkasnya. Adt 

Baca Juga: Dewan : Penanganan Covid-19 Diperkuat Mulai Hulu

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU