Dorong Pejabat Beli Produk Lokal, Luhut: Setara Investasi USD 100 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Des 2022 10:15 WIB

Dorong Pejabat Beli Produk Lokal, Luhut: Setara Investasi USD 100 Miliar

i

Menko Luhut dalam acara ABBI 2022 di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2022). Foto:Liputan6.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terus mendorong kementerian dan lembaga pemerintah untuk menggunakan produk-produk dalam negeri. Pasalnya, jika seluruh kementerian lembaga dan pemerintah menggunakan produk dalam negeri, maka nilainya bisa setara dengan investasi sebesar USD100 miliar atau setara Rp1.560 triliun (asumsi kurs Rp15.606 per usd)

"Saya lapor Presiden dan kita rapat teman-teman, kalau ini bertahap bisa kita lakukan menjadi produk dalam negeri, dibuat dalam negeri, dibeli oleh pejabat kita kementerian semua, itu sama dengan investasi hampir US$ 100 miliar," kata Luhut dalam acara Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2022 di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: Ganjar Tuding Wiranto, Luhut dan Agum, Jenderal Mencla-mencle

Hal ini mengacu pada hitungannya soal Rp 1.200 triliun belanja pemerintah setiap tahunnya. Ditambah dengan belanja BUMN senilai Rp 400 triliun. Dengan begitu akan menggenjot perputaran ekonomi di masyarakat.

“Kita nyari investasi USD 5 sampai 10 miliar sudah pake segala macam. Ini dari kantong kiri aja kita pindah ke kantong kanan. Hanya dengan aturan dan ajak semua (Kementerian, Lembaga, dan BUMN),” jelasnya.

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan transaksi pembelanjaan produk lokal memiliki dampak luas mulai dari pembukaan lapangan kerja, memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi 1,7%, hingga mengurangi korupsi di kalangan pejabat pemangku kepentingan.

Baca Juga: Cak Imin dan Tom Lembong Tantang Balik Luhut dan Bahlil: Positif Bagi Publik, Kita Adu Data

Luhut mengatakan, dengan target belanja Rp 400 triliun produk dalam negeri, akan berdampak pada terbukanya 2 juta lapangan kerja.

“BPS saya minta buat studi Rp 400 triliun target kita tahun ini. Kalau bisa dilakukan dan dibuat di dalam negeri akan berdampak pada 2 juta lapangan kerja dan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi 1,7 persen on top. Ada yang diramal BI 5 persen, dampaknya besar,” tegasnya.

Baca Juga: Tekan Polusi Udara, Luhut Wacanakan Kenaikan Pajak Motor BBM

"Jadi program ini menurut saya sangat baik yang harus kita dukung sama-sama dan akan mengurangi, saya ulangi akan mengurangi pejabat-pejabat yang mungkin ditangkap oleh KPK karena tidak ada yang mau dikorupsi lagi dari government procurement karena semua sudah ada di katalog,"imbuhnya,

Sebagai informasi, ABBI 2022 merupakan ajang pemberian penghargaan bagi sejumlah UMKM dan IKM terbaik selama penyelenggaraan Gernas BBI. Gerakan ini disebut-sebut jadi bukti berhasilnya koordinasi antar kementerian dan lembaga. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU