Dorong Pelaku Usaha Ultra Mikro Naik Tingkat, Pegadaian Area Malang Beri Pelatihan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 27 Jul 2022 16:32 WIB

Dorong Pelaku Usaha Ultra Mikro Naik Tingkat, Pegadaian Area Malang Beri Pelatihan

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Genjot pemasaran para pelaku usaha ultra mikro di Kabupaten Malang, pegadaian area Malang beri pelatihan pemasaran melalui media sosial, Selasa (26/7), di rumah makan  Gondanglegi, Kab Malang.

Kegiatan Pelatihan Pemasaran melalui media sosial ini, untuk para pelaku usaha ultra mikro di Kabupaten Malang yang diadakan oleh PT Pegadaian Area  Malang. Pelatihan Pemasaran ini menghadirkan pemateri dari Shopee.  Para peserta  pelaku Usaha Ultra Mikro di Kabupaten Malang tampak antusias mengikuti pelatihan ini.

Baca Juga: Pasokan Migor Curah Menipis, Kemendag: Masih Mencukupi, Bisa Pakai ‘Second Brand’

Kepala Cabang Mikro PT Pegadaian Kepanjen Suhardi menyampaikan  pelatihan ini merupakan permintaan  dari para nasabah PT Pegadaian yang ada di Malang Selatan yakni di Turen dan Kepanjen.

"Nasabah sekaligus pelaku usaha ultra mikro binaan kami meminta difasilitasi pelatihan promosi penjualan melalui media sosial. Maka dari itu, kami memfasilitasi pelatihan hari ini," ujar Suhardi.

Lebih lanjut dia mengatakan, PT Pegadaian Area Malang Selatan memiliki binaan lebih dari 2.500 pelaku usaha ultra mikro. Itu meliputi  Kantor PT Pegadaian cabang Turen dan Kepanjen.

"Jadi, pelaku usaha ultra mikro yang kami beri pelatihan ini merupakan nasabah PT Pegadaian. Mereka pinjam untuk usaha dibawah Rp10 juta dengan jaminan BPKB sistem fidusia," ujarnya.

Baca Juga: Perajin Kaligrafi di Tulungagung Banjir Pesanan, Tembus Qatar dan Amerika

Meskipun para nasabah menjaminkan BPKB  aturan di PT Pegadaian tidak ketat. "Kami gunakan pendekatan kekeluargaan serta musyawarah. Apa yang menjadi kesulitan, maka akan kita bantu," Ucapnya.

Contohnya pada puncak Pandemi Covid-19 tahun kemarin, banyak pelaku usaha ultra mikro di Kabupaten Malang kesulitan dalam hal penjualan.

"Mereka ini memiliki usaha toko pracangan, kegiatan jasa transportasi kecil. Ketika kesulitan saat Pandemi, maka kami bantu penundaan pembayaran cicilan," terangnya

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Sedangkan untuk kondisi usaha ultra mikro di Kabupaten Malang kata dia mulai bergeliat. "Tiga bulan ini setelah Pandemi Covid-19 landai, mereka ada tren kenaikan," ucapnya.

Selain itu, dia menyebutkan PT Pegadaian membantu pelatihan memasarkan produknya melalui media sosial.

"Harapannya, agar pelaku usaha ultra mikro di Kabupaten Malang naik tingkat menjadi usaha mikro," tutupnya. by

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU