Dorong SDM Unggul, Pelindo III Berikan Sertifikat Magang Mahasiswa

Mahasiswa magang di Pelindo III. SP/ Sem

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Upaya mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul bagi dunia industri, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III terus melakukan sejumlah inovasi.Salah satunya adalah dengan memberikan sertifikat Industri bagi mahasiswa yang magang di perusahaan plat merah tersebut.

Direktur SDM PT Pelindo III Edi Priyanto menjelaskan, adanya pemberian sertifikat industri bagi mahasiswa magang merupakan kelanjutan kerjasama antara Pelindo III dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang terjadi pada 15 April 2021 lalu. 

"Kami menyediakan sertifikat magang bagi mahasiswa Unair sehingga sertifikat itu bisa dijadikan sebagai sebuah tambahan keahlian," kata Edy Priyanto, Senin (19/4/2021).

Selama ini kata Edy, selama ini terjadi gab antara dunia industri dan dunia pendidikan. Oleh karenya diperlukan pendekatan lebih jauh antara dunia pendidikan dengan dunia usaha. Pendekatan tersebut dilakukan guna mengoptimal usaha mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Pelindo III sendiri lanjutnya, siap untuk menghapus pandangan gab tersebut serta mendukung proses pembelajaran yang ada di dunia pendidikan. Sehingga nantinya antara perguruan tinggi dengan industry tidak berjalan sendiri-sendiri. 

"Selama ini selalu ada gab antara industri dengan perguruan tinggi. Nantinya itu bisa dikurangi atau bisa dihilangkan. Karena antara industri dan perguruan tinggi saling membutuhkan,” tandasnya.

"Tentunya bukan hanya pekerjaan sehari-hari saja yang dilakukan. Tapi juga memberikan pengalaman lainnya pada mahasiswa. Seperti memberi pengalaman CEO Talk dengan para pimpinan," tambahnya lagi.

Kabar baiknya, bagi mahasiswa yang ingin magang di Pelindo III, perusahaan plat merah ini membuka kesempatan bagi mahasiswa dengan disiplin keilmuan. 

"Mahasiswa Unair bisa magang di Pelindo III dari berbagai bidang keahlian. Karena di Pelindo III bukan hanya bidang perkapalan tapi ada banyak bidang lain yang bisa dipelajari," terangnya

Dengan adanya sinergi dan kolaborasi ini, akan mensuport dunia industri dan pendidikan khususnya dalam manajemen talenta yang berdaya saing global.

Oleh karenanya Pelindo III dengan segala komponen yang dimilikinya dalam bidang industri berkomitmen untuk mendukung program tersebut. Tidak hanya sebagai sarana mahasiswa untuk belajar secara langsung di dunia industri, namun juga tidak menutup kemungkinan peluang penyediaan pengajar-pengajar di bidang industri yang menambah khasanah akademis universitas.

"Industri juga memiliki tanggung jawab yang sama besar dengan universitas dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing," tandasnya. Sem