Dorong Surabaya Go Green, Utomo SolaRUV Latih Masyarakat Kembangkan PLTS

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Jan 2022 19:52 WIB

Dorong Surabaya Go Green, Utomo SolaRUV Latih Masyarakat Kembangkan PLTS

i

Pelatihan pemasangan pembangkit listrik tenaga surya kepada masyarakat. SP/RKO

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Utomo SolaRUV, memberikan pelatihan kepada sejumlah masyarakat di Surabaya.

Pelatihan tersebut berkaitan dengan pengelolahan energi matahari menjadi listrik sekaligus cara pemasangan PLTS. Dalam pelatihan, perusahaan ini menggandeng Universitas Surabaya (Ubaya) selaku mentor bagi masyarakat yang tergabung dalam Relawan Surabaya Memanggil.  

Baca Juga: Dirut PLN Darmawan Prasodjo Dinobatkan Jadi Executive of The Year Tingkat Asia

"Hasil pelatihan tersebut dipraktekkan langsung oleh relawan dalam kegiatan pemasangan PLTS Atap di Balai Kota Surabaya, yang merupakan program hibah dari Utomo SolaRUV, selaku perusahaan penyedia jasa solusi pemasangan PLTS Atap nasional," kata Anthony Utomo, Managing Director Utomo SolaRUV dalam keterangan resminya yang diterima Surabaya Pagi, Jumat (21/01/2021).

 Lebih lanjut Anthony menjelaskan, pelatihan yang dibalut dalam program solarpreneur, bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat agar mampu mengambil peluang kerja di bidang energi terbarukan sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi hijau. 

Baca Juga: PLN Genjot Infrastruktur Kelistrikan, Kapasitas Listrik Nasional Capai 72.976,30 Megawatt

"Pelatihan keahlian memasang PLTS Atap ini penting karena sejalan dengan visi Surabaya Green. Potensi cahaya matahari serta kesadaran masyarakat Surabaya terhadap bangunan hijau akan mendekatkan kita pada visi kota keberlanjutan," katanya.

 Perlu diketahui, model PLTS Atap On-Grid yang dikembangkan oleh pihaknya diklaim telah tersambung dengan jaringan PLN. Skema On-Grid dinilainya akan mengurangi beban tagihan listrik bulanan masyarakat.

Baca Juga: PLN Sambung 24,74 MVA Pelanggan Bisnis dan Industri di Awal Tahun 2024

 "Saat pagi hingga sore, masyarakat menggunakan sumber listrik dari PLTS. Saat malam atau keadaan mendung, masyarakat menggunakan jaringan PLN," ucapnya.rko

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU