Dosen dan Mahasiswa UK Petra Berbagi Ilmu dengan Warga Kampung Herbal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Apr 2021 08:30 WIB

Dosen dan Mahasiswa UK Petra Berbagi Ilmu dengan Warga Kampung Herbal

i

Dosen dan Mahasiswa Desain Interior UK Petra Berbagi Ilmu dengan Warga Kampung Herbal. SP/ Patrick Cahyo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Tiga orang dosen Program Studi Desain Interior (Prodi DI) UK Petra dan mahasiswanya berbagi ilmu dengan para warga Kampung Herbal yang berada di jalan Nginden gang VII-RT 9/RW 5 Kelurahan Nginden Jangkungan.

“Bersama warga kami akan melakukan Interior Styling Perpustakaan Herbal dan Pelatihan Eco Print. Aksi ini sebagai implementasi hasil hibah skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) dan Leadership Enhancement Program (LEAP).”, urai Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds., selaku ketua tim peneliti dari prodi DI UK Petra, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

Tim prodi DI UK Petra yang beranggotakan Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds. (ketua tim), Diana Thamrin, S.Sn., Arch dan Ronald H.I.Sitindjak, S.Sn., M.Sn., ini sebelumnya bersama dua mahasiswanya telah melakukan survei dan presentasi desain terlebih dahulu. Aksi ini dibantu juga oleh Perpustakaan UK Petra, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya serta LPPM UK Petra.

Kampung Herbal ini sebenarnya memiliki banyak prestasi dengan memenangkan lomba-lomba yang bertemakan lingkungan maupun literasi, SDM yang kompetitif serta mau berkembang. Akan tetapi berdasarkan temuan para tim peneliti prodi DI UK Petra masih banyak sarana dan prasarana yang memfasilitasi aktivitas warga maupun kompetensi warganya masih perlu ditingkatkan.

“Maka dari itu kami mengajak serta para mahasiswa melakukan penelitian di sini. Sebab kegiatan ini sebagai wujud kontribusi riil pada masyarakat Surabaya sekaligus media belajar mahasiswa prodi Desain Interior UK Petra. Kegiatan yang kami lakukan ini juga sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan implementasi program Leadership Enhancement Program (LEAP) di UK Petra.”, tambah Laksmi.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Kegiatan tersebut dimulai dengan penjelasan materi serta memperkenalkan bahan serta teknik Eco Print. Ibu-ibu di Kampung Herbal ini akan membuat alas kain jok Bench yang telah dibuat sebelumnya dengan teknik Eco Print.

“Rencananya kami akan menggunakan daun setempat, ditambah dengan pewarna alami seperti secang dan tunjung agar kain yang dihasilkan ramah lingkungan baik dari proses pembuatan hingga limbahnya.”, rinci Laksmi.

Sementara itu di lain lokasi akan juga dilaksanakan Styling Interior Perpustakaan. Para mahasiswa dan tim dosen ini akan melakukan beberapa perubahan antara lain mendesain panggung, membuat backdrop area semi outdoor dan background foto.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Desain ini menggunakan bambu apus dan bambu kuning dalam membentuk goresan organik. Tak lupa juga menambahkan lampu gantung, tanaman serta lantai rumput sintetis.

Selain itu, tim ini juga membuat beberapa barang di Laboratorium kayu UK Petra yaitu meja front office, rak herbal dan Bench serta fasilitas lesehan. Pa

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU