DPMD Kabupaten Sumenep Jembatani Pengembangan BUMDes

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 10 Agu 2023 14:27 WIB

DPMD Kabupaten Sumenep Jembatani Pengembangan BUMDes

i

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kab. Sumenep, Anwar Syahroni Yusuf, Ap, M.Si saat menggelar kegiatan sosialisasi Bumdes. SP/ Ainur Rahman

SURABAYAPAGI.com, Sumenep -  Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, melalui DPMD menggelar sosialisasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Bumdes di Kabupaten Sumenep.

Menurut Anwar Syahroni Yusuf, Ap. M.Si, memberikan pelayanan mudah bagi masyarakat lewat BumDes di Kabupaten Sumenep, khususnya di dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. 

Baca Juga: Pengamat Politik Asal Sumenep, Apresiasi Putusan DKPP untuk KPU RI

"Jadi, ada aplikasi yang disediakan oleh PT. POS Indonesia kepada BUMDes di Kabupaten Sumenep, untuk melakukan pelayanan prima," tegasnya, Kamis (10/08/2023).

Ia juga menjelaskan, kegiatan sosialisasi menjadi sebuah pilihan terbaik dalam pengembangan unit usaha BUMDes yang ada di Kabupaten Sumenep, jadi pentingnya kegiatan tersebut disosialisasikan agar masyarakat luas mengetahui perihal tersebut. 

"Di dalam kegiatan sosialisasi terlihat, antusiasme masyarakat yang tinggi dari pelaku BUMDes di kabupaten Sumenep, sebab dengan berkegiatan di Bumdes selain memiliki pemasukan dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakatnya," jelasnya.

Selain itu juga, dengan keberadaan Bumdes ini dapat menguntungkan dari segi keuangan juga memudahkan masyarakat Desa dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan jadi tidak perlu jauh-jauh lagi  ke kota dan tidak perlu antri, semua bisa dilakukan di Desa melalui BUMDes.

Baca Juga: Direktur PT Sinar Megah Indah Perkasa di Sumenep Jadi DPO Polda Jatim

Oleh karena itu, kata dia, BUMDes bisa manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin karena unit usaha ini sudah terbukti di Kabupaten lain di jawa Timur omset yang mereka hasilkan dari BUMDes bisa sampai jutaan rupiah perbulan.

Jadi sambungnya, ”Lewat manajemen yang baik di dalam pengelolaan Bumdes dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa dan BUMDes itu sendiri,” pungkasnya.

Baca Juga: Ciptakan Masyarakat Kondusif Jelang Pemilu, para Tim Relawan Gelar Materi Kebersamaan

Sementara, Kepala Bidang pemberdayaan Usaha Ekonomi dan kerjasama Desa, Fatholi ST, MT mengatakan, jika program unit usaha ini sampai di Kepulauan Kabupaten Sumenep dengan tujuan agar masyarakat Desa Kepulauan menjadi lebih mudah melakukan pembayaran pajak kendaraan mengingat akses mereka yang terbatas.

"Jadi, Pemerintah Daerah melalui DPMD Kabupaten Sumenep akan terus berupaya menjadi jembatan untuk BUMDes dalam melakukan inovasi dalam pengembangan usahanya," tuturnya.

Sebab kedepan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan Bumdes agar terus dikembangkan di setiap desa tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat di desanya. Ar

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU