DPRD Bojonegoro Ajukan Perda Bagi Penyandang Anak Disabilitas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 09 Sep 2020 12:29 WIB

DPRD Bojonegoro Ajukan Perda Bagi Penyandang Anak Disabilitas

i

Rapat Pansus IV DPRD Bojonegoro membahas Raperda Disabilitas.

SURABAYAPAGI.com, Bojonegoro - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro melalui Pansus IV mengajukan Peraturan Daerah (Perda) tentang penyandang disabilitas. Perda ini baru pertama kali ada di Bojonegoro atas inisiatif DPRD untuk 2 ribu lebih disabilitas.

“Iya Perda ini baru pertama kali di Bojongeoro,” ungkap Ketua Pansus IV DPRD Bojonegoro Ahmad Shofiyuddin, Selasa (8/9/2020).

Baca Juga: Mulai April, ASN Bojonegoro Pakai Udheng Tiap Hari Rabu

Menurut anggota DPRD Komisi D ini, ada banyak pasal di dalam perda disabilitas, salah satunya terkait Kesejahteraan dimana membahas Kesehatan, pendidikan, yang jelas DPRD ingin menyamakan dengan masyarakat normal.

Dikatakan Gus Shofi, bahwa, Pemerintah harus membentuk Instansi, lembaga ataupun Unit, dimana nantinya bisa secara khusus menangani penyelenggaraan hak-hak penyandang disabilitas.

Selama ini belum ada yang menaungi secara khusus, “Kalau ada Instansi, lembaga atau Unit kan bisa lebih fokus dan mudah untuk pengelolaan,” pungkasnya.

Baca Juga: Mentan Warning Oknum Jual Pupuk di Atas HET

Politisi PKB juga mengatakan, Pasalnya disabilitas di Bojongeoro harus di sama ratakan dengan masyarakat normal, karena selama ini di Bojonegoro belum ada Perda terkait disabilitas. 

“Kami sudah beberapa kali rapat dengan OPD terkait untuk pembahasan Perda disabilitas dan Alhamdulillah sudah rampung tinggal pengesahan di rapat Paripurna,” tutur Gus Shofi sapaan akrabnya 

Baca Juga: Rumah Warga di Bojonegoro Terancam Longsor Tergerus Banjir Bengawan Solo

Dari data yang di himpun, di Bojonegoro sendiri ada sekitar 2 ribu lebih penyandang Disabilitas, dimana mereka tergabung di komunitas Disabilitas Bojonegoro.  Dsy6

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU