DPRD Gresik Mantu, Gelar Nikah Massal Bagi Pasutri Dhuafa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Des 2021 18:47 WIB

DPRD Gresik Mantu, Gelar Nikah Massal Bagi Pasutri Dhuafa

i

Suasana kegiatan nikah massal yang digelar di Gedung DPRD Gresik yang ikut dihadiri Bupati Fandi Akhmad Yani, Ketua DPRD Abdul Qodir dan anggota Forkopimda lainnya. SP/Grs

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - DPRD Kabupaten Gresik menggelar kegiatan nikah massal bagi kaum dhuafa. Ruang paripurna DPRD Gresik mendadak disulap menjadi pelaksanaan upacara akad nikah sekaligus resepsi bagi 18 pasangan yang dinikahkan, Ahad (12/12).

Ketua DPRD Gresik Moch Abdul Qodir, mengatakan kegiatan nikah massal dengan tema "DPRD Mantu" ini untuk membantu masyarakat mendapatkan haknya sebagai warga negara, di antaranya, legalitas buku nikah dan hak pendidikan yang layak bagi anak-anaknya. 

Baca Juga: Dinkes Gresik Beri Pelayanan Keliling Bagi Warga Bawean

“Dengan pernikahan yang resmi ini, keluarga ayem dan anak-anaknya bisa mendapat hak-haknya yang jelas. Seperti, bisa sekolah dan mendapat bantuan lainnya,” kata Abdul Qodir, yang juga Ketua DPC PKB Gresik. 

Lebih lanjut Abdul Qodir menambahkan, kegiatan DPRD Mantu ini dilaksanakan di ruang sidang paripurna.

“Mereka dinikahkan di gedung DPRD Gresik, ini sebagai wujud nyata DPRD, bahwa gedung ini adalah rumah rakyat, maka kita adakan perniakahan di gedung ini. Biar mereka bisa merasakan langsung acara yang sakral ini,” katanya. 

Peserta nikah massal ada 18 pasangan suami istri.

Baca Juga: Polri TNI Berangkatkan Tim Trauma Healing untuk Korban Gempa Bawean

Mereka dihimpun dalam lembaga Omah dhuafa yang dipimpin Syaikhu Busiri. 

Sementara Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) yang ikut hadir dan memberi tausiah, mengatakan, untuk memikirkan keluarga yang baik dalam rumah tangga, salah satunya dengan saling menerima kekurangan keluarga. 

“Kalau sudah bisa saling menerima kekurangan, maka rumah tangga akan langgeng selamanya,” kata Gus Yani dalam sambutannya. 

Baca Juga: DPRD Setuju Dana Cadangan Bantu Korban Bencana Gempa Bawean

Kegiatan nikah di gedung DPRD Gresik sangat dirasakan berkesan bagi pasangan Imam Fathoni (52) dengan Suyanti (38), warga Kelurahan Karangturi Kecamatan Gresik, sebab mempunyai kenangan indah bisa nikah bersama di gedung DPRD Gresik. 

“Rasanya terharu, bisa menikah di sini. Yang lebih menyenangkan yaitu nikahnya gratis,” kata Suyanti, yang sudah mempunyai tiga anak. Grs

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU