DPRD Jatim Segera Temui Mendagri Bahas Masa Jabatan Gubernur

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 06 Jan 2023 19:00 WIB

DPRD Jatim Segera Temui Mendagri Bahas Masa Jabatan Gubernur

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - DPRD Jawa Timur angkat bicara terkait masa jabatan Gubernur-Wakil Gubernur Jatim pada tahun 2023 ini. Pihaknya segera menemui Menteri Dalam Negeri untuk menanyakan langsung kepastian berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur di tahun 2023 ini. Legislatif tak ingin nantinya ketidakpastian jabatan, mengganggu jalannya roda pemerintahan. 

Seperti diketahui, mengacu pada undang-undang Nomor 10 tahun 2016 terkait Pilkada, jabatan pasangan kepala daerah Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak bakal berakhir di tahun ini. Sebab, keduanya terpilih pada Pilkada 2018 yang dalam pasal 201 poin 5 undang-undang itu disebutkan, kepala daerah hasil Pilkada di tahun tersebut menjabat hingga 2023. 

Baca Juga: Pemprov Jatim Layani Mudik dan Balik Gratis Kepulauan

Namun hingga saat ini, pemerintah pusat belum memberikan penjelasan spesifik kapan jabatan itu berakhir. Anggota Komisi A DPRD Jatim Ubaidillah mengatakan, urusan bulan maupun tanggal berakhirnya jabatan Gubernur-Wagub memang murni kewenangan pusat. Apalagi, dalam UU Nomor 10 tahun 2016 tidak ada penjelasan rinci. 

"Pastinya kami nanti akan bersurat ke Kemendagri perihal tersebut, juga bersama Biro Pemerintahan. Untuk bertanya kepastian periode ini sampai kapan, karena sampai sekarang kami juga belum tahu," kata politisi yang akrab disapa Ubaid, Jumat (6/1/2023). 

Politisi muda itu mengatakan, pihaknya bakal segera melakukan rapat di internal komisi yang membidangi pemerintahan tersebut. Disamping juga akan melakukan komunikasi dengan berbagai pihak terkait sebelum nantinya berkirim surat ke Kemendagri. 

Baca Juga: Pertahankan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah-sekolah Jawa Timur 

"Misalnya kami akan konsultasi ke KPU maupun Bawaslu sebagai mitra tidak langsung kami. Kemudian kami akan rapat kembali, baru setelah itu kami akan bertanya ke Kemendagri," tambah Ubaid. 

Disisi lain, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga berharap Khofifah-Emil terus menggenjot berbagai upaya di tahun terakhir periode ini. Misalnya, terkait reformasi birokrasi hingga soal upaya menggenjot perekonomian di Jawa Timur. 

"Kami tentu mengapresiasi Gubernur yang sekarang sudah mulai mengisi jabatan-jabatan yang kosong di Pemprov Jatim," ucap Ubaid. 

Baca Juga: Komisi E Dorong KONI Jatim Segera Ajukan Anggaran PON XII Aceh

Legislator dapil Banyuwangi-Bondowoso- Situbondo itu juga berharap terkait persoalan ekonomi. Ini dianggap penting, apalagi tahun 2023 banyak diprediksi ekonomi global bakal mengalami ancaman resesi. Terlebih masih banyak tugas-tugas penting yang belum terlaksana. 

Sehingga, terus dibutuhkan program ataupun upaya sebagai antisipasi agar Jawa Timur tidak terlalu terdampak. "Misalnya, perlu terus memperkuat peran UMKM," pungkasnya. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU