DPRD Kabupaten Pasuruan Perkuat Nilai Pancasila dengan Ikuti Bimtek

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Feb 2023 17:07 WIB

DPRD Kabupaten Pasuruan Perkuat Nilai Pancasila dengan Ikuti Bimtek

i

Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan usai mengikuti bimtek yang bertemakan Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan bekerja sama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar bimbingan teknis (Bimtek). Agenda yang digelar selama 3 hari ini, melibatkan seluruh unsur pimpinan dan anggota DPRD turut mengikuti.

Terhitung mulai tanggal 27-29 Januari, sekitar 50 pimpinan dan anggota DPRD mengikuti bimtek yang digelar di Malang ini. Menurut ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan, bimtek digelar dalam rangka peningkatan pemahaman nilai Pancasila terhadap anggota DPRD.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Pengelolaan MDT, Guru Madin di Lamongan di Bimtek

“Dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat, diperlukan pembinaan ideologi Pancasila yang terukur dan tepat sasaran. Kami mendukung penuh bimtek ini, karena ini masalah ideologi sangat penting,’’ jelas Mas Dion, panggilan akrabnya.

Selama 3 hari, ada beberapa materi bimtek yang dipaparkan dari beberapa narasumber yang berkompeten. Dimulai dari paparan Kepala BPIP Yudian Wahyudi. Paparan keynote speaker ini mengambil tema ‘Pembinaan Ideologi Pancasila’.

 

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi Kehumasan, Bidang Humas Polda Jatim Gelar Bimtek dan Uji Konsekuensi Polres Jajaran

Menurut Yudian, dirinya berharap para wakil rakyat di Kabupaten Pasuruan bisa menjadi penggerak utama aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan tugasnya. “Terutama nilai-nilai luhur dalam Pancasila selalu menjadi pedoman dalam kapasitasnya sebagai legislatif,” kata Yudian.

Keesokan harinya, dilanjutkan materi yang dibawakan berturut-turut oleh Direktur Standarisasi dan Kurikulum Heri Hermawan. Di materi pertama, Heri membawakan paparan tentang ‘Pokok-Pokok Pikiran Pancasila’. Selanjutnya, dilanjutkan materi kedua oleh Direktur Analisis dan Penyelarasan Prof. Agus M. Najib. Materi kedua bertemakan ‘Kedudukan Pancasila dalam Berkehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara’.

Berikutnya, materi ketiga disampaikan oleh staf khusus dewan pengarah Antonius Benny Susetya. Materinya mengambil tema ‘Pancasila Dalam Tindakan, Menjaga Keragaman dan Kemajemukan’. Rangkaian bimtek ditutup oleh materi keempat yang dibawakan Tajudin, S.H., yang menjabat sebagai deputi hukum advokasi dan pengawasan regulasi. Temanya tentang ‘Indikator Nilai Pancasila dalam Penyusunan dan Pengawasan Kebijakan’.

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pasuruan Bahas Raperda RT RW

Seluruh jajaran mulai dari pimpinan hingga anggota DPRD yang hadir tampak antusias mengikuti jalannya bimtek. Mereka juga aktif dalam sesi diskusi yang diselipkan dalam setiap materi yang dibawakan.

“Harapannya, setelah bimtek ini dalam merumuskan kebijakan bisa terukur dan tepat sasaran sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” tambah Mas Dion. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU