Home / Politik Pemerintahan : Bupati Fadeli Pamitan Dalam Sidang Paripurna

DPRD Lamongan Apresiasi Kinerja Fadeli dengan Segudang Prestasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 15 Feb 2021 21:02 WIB

DPRD Lamongan Apresiasi Kinerja Fadeli dengan Segudang Prestasi

i

Bupati Fadeli bersama Wabup saat pamitan dengan anggota DPRD Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

 
SURABAYAPAGI.COM, Lamongan -  Tanggal 17 Februari 2021 akan menjadi tanggal terakhir H. Fadeli menjabat sebagai bupati Lamongan untuk kali kedua. Banyak prestasi yang ditorehkan oleh bupati dua periode ini dalam membawa Lamongan.
 
Bahkan segudang prestasi telah diraih oleh pria yang mengawali karirnya dari bawah sebagai pekerja pemerintah, hingga akhirnya diangkat menjadi PNS sekitar tahun 1970 an ini, didapat karena keuletannya dan kerja keras dalam mengabdi untuk masyarakat.
 
Karena prestasinya yang cukup banyak itu, apalagi juga membawa Lamongan sebagai daerah dengan penghasil padi dan jagung terbesar di Jawa Timur ini, DPRD Lamongan memberikan penghargaan setinggi-tingginya dan apresiasi yang tinggi kepada bupati yang sejak tahun 2010 ini menjabat.
 
"Saya atas nama anggota DPRD Lamongan dan juga atas nama masyarakat Lamongan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak bupati Fadeli atas kinerja dan pengabdian nya selama 10 tahun menjadi bupati, dan 35 tahun mengabdi sebagai PNS," kata H. Abd Ghofur ketua DPRD Lamongan, Senin (15/2/2021).
 
Selama menjabat bupati, banyak kemajuan dan kemanfaatan yang dirasakan oleh masyarakat. Kemajuan daerah sangat terasa juga dirasakan selama ini. Pembangunan sarana dan prasarana juga bisa dilihat ada sejak Fadeli menjabat.
 
Selain itu kata Ghofur, hubungan dengan legislatif selama ini juga cukup berjalan dengan baik. Tentu kalau dalam perjalanannya selama ini ada kritik-kritik yang dilakukan oleh anggota dewan, itu semata-mata untuk perbaikan kinerja dan juga untuk kemajuan pembangunan daerah. 
 
"Hubungan dengan legislatif selama ini cukup baik, yang baik ini tentu harus dilanjutkan oleh pengganti beliau kedepannya," pesan Ghofur yang juga ketua DPC PKB Lamongan ini berharap.
 
Dalam kesempatan itu, Ghofur berdoa kepada Bupati dan Keluarga agar senantiasa diberikan kesehatan dan bisa memberikan sumbangsih atas pembangunan Lamongan kedepan. "Pikiran dan tenaga beliau (bupati Fadeli red) masih sangat dibutuhkan demi kemajuan Lamongan kedepan," ungkapnya.
 
Ia juga mewakili seluruh anggota DPRD Lamongan, mengucapkan permohonan maaf bila selama bermitra ada kurangnya untuk kiranya dimaafkan. "Kalau ada kurang pasnya  dalam hal hubungan mitra antara legislatif dengan eksekutif selama ini masih kurang saya mohon maaf, begitu juga sebaliknya kalau ada yang kurang pas yang dilakukan oleh pak bupati dengan mitra DPRD selama ini tentu kami memaafkan," ucapnya.
 
Sementara itu, dalam rapat paripurna DPRD pada Sabtu (13/2/2021) bupati Fadeli bersama Wabup Kartika Hidayati berpamitan dengan anggota DPRD dalam sidang Paripurna LKPJ Kepala Daerah anggaran 2020. "Sudah di ketahui bersama bahwa saya dan wakil bupati, besok pada 17 Februari 2021 akan purna tugas setelah mengabdi untuk kepentingan masyarakat Lamongan," ujarnya. 
 
Ia mengucapkan terima kasih atas dukungannya. Sebagai manusia biasa dan dari lubuk hati paling dalam, secara pribadi dan keluarga dengan penuh tanggungjawab, ia mohon maaf apabila selama menjalankan amanah terdapat kekurangan dan kesalahan. "Atas nama pribadi dan keluarga saya bersama bu Wabup mohon udur diri, dan mohon maaf bila ada kesalahan selama ini," ungkapnya.
 
Fadeli turut mengapresiasi rekomendasi atas LKPJ yang telah disampaikan DPRD. Dengan dukungan kebersamaan, persatuan dan kesatuan, sumber daya alam Lamongan yang besar mampu dikelola dengan baik dan mampu menciptakan keunggulan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Bupati Fadeli mencontohkan di bidang pertanian misalnya dengan tanah yang subur petani Lamongan mampu terus meningkatkan produksi dan produktivitasnya dan menjadikan Lamongan salah satu penghasil padi terbesar di Jawa Timur dan bahkan secara nasional.
"Tak hanya komoditas padi, untuk komoditas jagung mampu mencapai di atas 10 ton per hektar," ujar Fadeli.
 
Pada sektor perikanan, selain memiliki panjang 47 KM, Lamongan juga memiliki TPI Brondong yang berkelas nasional. Sehingga produksi ikan tangkap Lamongan jadi yang terbesar di Jawa Timur.
 
Sementara itu, di bidang tata kelola pemerintahan, Lamongan mendapat empat kali berturut-turut Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI dan di bidang reformasi birokrasi telah terwujud manajemen pemerintahan yang akuntabel hal itu ditunjukkan dengan Sistem Akuntabilitas Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Lamongan yang mencapai nilai A (Sangat Baik).
 
 
Sedangkan di bidang pelayanan publik, Lamongan telah memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP), tentu akan memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi dan juga akan meningkatkan investasi
 
Bidang lingkungan hidup, Lamongan dijuluki kota Adipura, karena melalui program Lamongan Green and Clean (LGC) meraih piala Adipura selama 13 kali. Sementara di bidang pendidikan berbagai gerakan dan kegiatan telah mampu menciptakan generasi Lamongan yang berkarakter unggul inovatif dan berprestasi. Serta di bidang kesehatan, Lamongan mampu menurunkan angka stunting serta angka kematian ibu dan anak. 
 
"Atas berbagai kesuksesan tersebut Pemkab Lamongan ditetapkan sebagai pemerintah daerah terbaik tingkat nasional. Saya mewakili seluruh masyarakat Lamongan menerima penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha dari presiden RI Joko Widodo," terang Fadeli. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU