DPRD Minta Pemkab Gresik Ikut Aktif Melindungi Pekerja Migran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Mei 2022 15:59 WIB

DPRD Minta Pemkab Gresik Ikut Aktif Melindungi Pekerja Migran

i

Ketua DPRD Gresik H Much Abdul Qodir SPd saat melakukan audiensi dengan perwakilan pekerja migran, bertempat di ruang rapat pimpinan dewan. SP/Grs

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Masih rendahnya perlindungan terhadap tenaga kerja migran Indonesia asal Kabupaten Gresik di luar negeri mendapat perhatian DPRD Gresik.

Ketua DPRD Gresik H Much Abdul Qodir SPd meminta pemerintah daerah agar turun tangan memberikan perlindungan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri. Hal itu disampaikan orang nomor satu di parlemen Gresik ini saat menerima Paguyuban Warga Gresik di Malaysia (PWGM).

Baca Juga: Perampokan di Perum PPS Gresik Hanya Rekayasa, Polisi Ungkap Korban Terlilit Investasi Bodong

“Warga Gresik yang merantau ke luar negeri cukup banyak. Kami minta pemerintah ikut mengawal dan memberikan perlindungan,” ujar Qodir pada pekan lalu.

Menurut pria yang juga Ketua DPC PKB Gresik, selama bekerja di luar negeri pekerja migran banyak mengalami persoalan. Baik legalitas maupun permasalahan hukum. “Pemkab Gresik harusnya ikut membantu. Tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah pusat saja,” terangnya.

Pihaknya mendorong agar hal tersebut menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Gresik. Dengan memberikan wadah dalam aktivitas sosial yang konsen terhadap pekerja migran Indonesia asal Kabupaten Gresik. 

Baca Juga: Wakil Rakyat Minta Bupati Gresik Membatalkan Pelantikan Pejabat Baru

“Kami juga mengajak untuk para PMI agar terdaftar di Disnaker Gresik agar mudah mengakses data para Migran daerah di luar negeri,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya mengapresiasi adanya paguyuban pekerja migran seperti ini. Dengan adanya paguyuban bisa memudahkan pemerintah untuk melakukan pemantauan. “Jadi kalau ada masalah jangan segan untuk menyampaikan agar bisa dibantu pemerintah,” katanya.

Baca Juga: Dishub Jatim akan Luncurkan Bus Trans Jatim Luxuryi di Koridor Gresik - Sidoarjo

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU