DPUPRPKP Kota Malang Lakukan Giat Sanitasi Atasi BABS

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 09 Nov 2020 13:40 WIB

DPUPRPKP Kota Malang Lakukan Giat Sanitasi Atasi BABS

i

Saluran biofil yang dipasang DPUPRPKP melalui Bidang Ciptakarya. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Dalam rangka berupaya mewujudkan Kota Malang bebas dari warga yang Buang Air Besar Sembarangan (BABS), maka Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang terus membangun fasilitas dalam giat sanitasi yang gencar dilakukan di tahun 2020.

Beberapa lokasi telah dibangun untuk penanaman Biofil yaitu di RW 07 Kelurahan Purwantoro, RW 10 Kelurahan Purwantoro, RW 03 Kelurahan Sukun dan RW 05 Kelurahan Tulusrejo melalui Bidang Cipta Karya, Seksi Air Minum dan Air Limbah dan Sumberdaya Air (Amalsda), telah dilaksanakan pembangunan dan pemeliharaan saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal.

Baca Juga: Stasiun Malang Dipadati Pemudik pada Masa Arus Balik

Selain itu untuk pengembangan dan pemeliharaan bangunan IPAL Komunal dilakukan kegiatan di RW 03 Kelurahan Karangbesuki, RW 06 Kelurahan Kedungkandang dan RW 10 Kelurahan Purwodadi.

"Dengan apa yang dilakukan oleh DPUPRPKP, melalui Bidang Cipta Karya, diharapkan segera merubah status menjadi kampung dengan rumah tinggal yang layak sanitasinya. Menjadikan Malang kota yang sehat dan tidak ada lagi masyarakat BABS," jelas Kabid Cipta Karya, Bambang Nugroho beberapa waktu lalu.

Sementara itu, kegiatan pengembangan IPAL Komunal juga dilakukan di lokasi lainnya dilakukan penambahan saluran rumah baru sebanyak 20 saluran, sehingga diharapkan guna mewujudkan sanitasi yang layak di RW 2 Kelurahan Balearjosari.

Baca Juga: Pj Wali Kota Malang Himbau Warga tak Stok Bahan Pangan Berlebih

Selain lokasi tersebut, masih terdapat lokasi lain lagi yang juga dilakukan giat sanitasi. Penanaman biofil dilakukan dalam pembangunan sarana dan prasarana air limbah di RW 10 Kelurahan Purwantoro pada 14 Oktober 2020 lalu.

Sejumlah pemeliharaan sarana IPAL sehingga semakin memaksimalkan fungsinya. Misalnya di berbagai lokasi lainnya yang juga mendapat perhatian untuk mewujudkan bebas dari warga yang buang air besar sembarangan adalah di kawasan RW 4 Kelurahan Dinoyo dan RW 7 Kelurahan Purwantoro.

Baca Juga: 16 Titik di Kota Malang Terendam Banjir

"Ya itu diharapkan. Setelah adanya perbaikan yang dilakukan, dapat mengoptimalkan fungsi bangunan IPAL yang telah terbangun, sehingga menciptakan  sanitasi dan lingkungan yang sehat," pungkasnya. Dsy12

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU