Grup F Piala Eropa

Dua Gol Cristiano Ronaldo, Portugal Bekuk Hungaria

Cristiano Ronaldo saat merayakan gol ke gawang Hungaria, Selasa (15/6/2021). (Foto: SP/Uefa.com)

SURABAYAPAGI, Budapest - Langkah juara bertahan Piala Eropa, Portugal untuk lolos ke babak selanjutnya mulai terbuka. Di laga perdana grup F Piala Eropa, Selecao Eropa ini bisa menuntaskan perlawanan tuan rumah Hungaria dengan skor 3-0, Selasa (15/5/2021) malam WIB.

Kemenangan Portugal ditentukan dua gol kapten timnya Cristiano Ronaldo. Sedangkan, gol lainnya dicetak Raphael Guerreiro.

Dengan dua gol CR7, julukan Cristiano Ronaldo, juga menahbiskan penyerang Juventus itu sebagai pencetak gol sepanjang masa Piala Eropa dengan 11 gol. Mematahkan gol sebelumnya yang dibuat oleh legenda Prancis, Michel Platini, yang bertahan selama 37 tahun.

Tiga poin kemenangan Portugal itu sendiri diraih dengan tidak mudah. Portugal baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke 84 setelah pemain pengganti Rafa Silva, memberikan umpan ke Raphael Guerreiro.

Baru, tiga menit kemudian, tim dibawah asuhan Fernando Santos ini bisa memperbesar lewat penalti CR7. Lalu gol ketiga Portugal dilakukan oleh CR7 di babak tambahan waktu di menit 92.

Dengan tiga poin ini membuat Portugal memimpin klasemen grup F. Tinggal menunggu laga big match lain di grup F antara Prancis versus Jerman yang akan dimulai Rabu (16/6/2021) dinihari WIB.

 

Jalannya Pertandingan

Permainan menekan langsung diterapkan Portugal sejak menit pertama laga dimulai. Pasukan Fernando Santos tersebut berulang kali merepotkan lini pertahanan Hongaria.

Usaha yang dilakukan masih tidak membuahkan hasil. Barisan belakang Hongaria, selalu mampu mematahkan serangan yang dilancarkan Portugal.

Pada menit 19, Cristiano Rolando mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan Portugal. Umpan terukur diberikan Pepe, yang diteruskan tembakan pilar Juventus tersebut masih mampu diblok dan juga posisinya sudah offside.

Hongaria, tampak kesulitan mengembangkan permainan bukannya tanpa peluang. Pada menit 37, sundulan Adam Szalai memanfaatkan operan Andras Schafer masih mampu diamankan Rui Patricio.

Tempo permainan semakin meningkat jelang berakhirnya paruh pertama. Hanya saja, hingga turun minum baik Portugal dan Hongaria, tidak ada yang mampu cetak gol.

Memasuki interval kedua, Portugal masih memegang kendali. Secara permainan, juara bertahan Euro tersebut tampil dengan tempo yang tidak tinggi dalam melancarkan serangannya.

Portugal terus berusaha mencari celah untuk memasuki daerah pertahanan Hongaria, yang bermain solid. Umpan pendek yang dikolaborasikan dengan umpan jauh menjadi andalan dalam menciptakan peluang.

Terus ditekan, Hongaria sempat membuka keunggulan pada menit 80 melalui Szabolcs Schon. Sayang, gol penyerang 20 tahun tersebut dianulir pengadil lapangan karena sudah berada di posisi offside.

Tak lama setelah itu atau tepatnya pada menit 84, Portugal mampu mencetak gol. Raphael Guerreiro mencatatkan namanya di papan skor setelah tembakannya berubah arah karena mengenai Willi Orban.

Ronaldo yang daritadi kesulitan membobol gawang Hongaria, akhirnya bisa mencetak gol. Pria berusia 36 tahun tersebut melalui titik putih usai Orban, melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Di masa injury time Ronaldo kembali mengoyak gawang Hongaria. Kali ini, ia memaksimalkan umpan terukur yang diberikan Rafael Silva, yang sekaligus menjadi penutup pertandungan tersebut dengan skor 3-0. (uefa/rmc)