Dua Gol Manuel Locatelli Bawa Italia ke 16 Besar Euro 2020

Manuel Locatelli. SP/ AP Photo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Jelang laga matchday kedua Grup A Euro 2020, Kamis (17/6/2021) antara timnas Italia vs timnas Swiss, membuat Manuel Locatelli menjadi man of the match berkat dua gol yang dicetaknya menjadi poin penting bagi sukses Gli Azzurri melangkah ke 16 besar Euro 2020.

Locatelli pun mencatatkan namanya untuk dua gol Italia. Sementara itu, satu gol lainnya dicetak oleh Ciro Immobile pada menit ke-89.

Gol pertama Locatelli tercipta pada menit ke-26. Memanfaatkan umpan ciamik dari Domenico Berardi yang berada di sisi kiri gawang, gelandang berusia 23 tahun itu pun bisa melanjutkannya dengan tendangan keras hingga membuat bola bersarang ke gawang Swiss.

Di babak kedua, Locatelli kembali menunjukkan taringnya. Tepatnya di menit menit ke-52, dia berhasil menggandakan keunggulan Italia dengan memanfaatkan umpan dari Barella. Tendangan kerasnya di luar kotak penalti tak mampu dibendung Sommer hingga berbuah gol.

"Setelah memberikan umpan kepada Berardi, saya mengikuti aksinya karena saya sangat mengenalnya dan saya tahu ia akan melakukan sesuatu," ujar Locatelli seperti dilansir dari situs resmi UEFA, Kamis (17/ 6/2021).

Penampilan memukau Manuel Locatelli pun mendapatkan apresiasi dari UEFA dengan predikat Bintang Pertandingan. Dua gol penting yang dicetak oleh Locatelli menjadi kunci UEFA memberikan penghargaan tersebut.

"Dua gol yang indah dan penting dengan sebuah performa dari kualitas sejati," ujar Esteban Cambiasso yang menjadi UEFA Technical Observer dalam laga tersebut.

Tak hanya itu, sebelumnya Locatelli menjadi pemain Italia pertama yang mencetak brace di Euro setelah Mario Balotelli pada 2012 lalu. Locatelli meraih gelar Man of the Match. Pemain asal klub Sassuolo pun mengucapkan terima kasih pada rekan-rekannya.

"Saya harus berbagi penghargaan ini dengan seluruh tim. Saya salah satu yang termuda di sini, mereka menyambut saya dengan sangat baik dan sangat menyenangkan berada di sini bersama mereka," ucap Locatelli 

Manuel Locatelli pun sangat senang bisa memberikan kontribusi nyata bagi Timnas Italia dalam pertandingan kontra Swiss hingga meraih penghargaan individual dalam pertandingan tersebut. Setelah kemenangan tersebut, selanjutnya Italia sendiri akan berhadapan dengan Wales di laga pamungkas Grup A Piala Eropa 2020.

Laga itu akan digelar pada Minggu 20 Juni 2021 malam WIB. Di waktu yang sama, Swiss akan berhadapan dengan Turki yang kini menjadi juru kunci. Dsy1