Dua Pembobol Toko Laptop di Blitar Tertangkap

Tangkapan layar rekaman CCTV saat para pelaku beraksi mencuri di toko laptop di Blitar. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Kejelian Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setyawan S.IK M.SI, dalam melakukan penyelidikan kasus pencurian laptop di Jalan Semeru Kec Kepanjenkidul Kota Blitar bersama SatReskrim membuahkan hasil dan dapat mengamankan dua terduga pelakunya.

Hal itu dibenarkan Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi ditemui wartawan  usai ikuti upacara HUT Bhayangkara ke 75 secara virtual, di gedung Pratama Polres Blitar Kota Kamis (1/7)  orang nomor satu di Polres Blitar Kota ini, menjelaskan dan membenarkan telah berhasil tangkap dua orang diduga pelaku perampokan di Toko Laptop Indoraya Computer. Dan kini telah diamankan untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif guna pengembangan kasus tersebut, karena dimungkinkan ada pelaku lain. 

“Setelah kita melakukan upaya penyelidikan dan pendalaman, selain kami kumpulkan beberapa barang bukti mulai dari CCTV, dan pemeriksaan beberapa tempat termasuk saksi saksi, dan berhasil dalam penyelidikan, sementara  ada dua orang yang berhasil kita amankan setelah kita tangkap di wilkum Kab Madiun. Dan kuat dugaan keduanya adalah anggota komplotan pelaku pembobolan Toko Komputer beberapa waktu lalu,” terang AKBP Yudhi Hery Setyawan.

Juga Pamen Polri dengan panggilan akrabnya Pak Yudhi ini, lebih rinci mengungkapkan berdasarkan hasil pemeriksaan rekaman CCTV yang ada di dalam toko, pihaknya juga menemukan identitas sebuah mobil yang diduga yang menggunakan nomor polisi palsu.

Lebih jauh AKBP Yudhi yang gemar lari pagi ini menambahkan, berdasarkan pemeriksaan riwayat percakapan di handphone kedua terduga pelaku yang telah  diamankan, menggunakan mobil tersebut yang merupakan mobil rental. Hal itu dikuatkan dengan penelusuran GPS yang menunjukkan mobil tersebut berada di wilayah Kota Blitar saat peristiwa perampokan.

"Setelah kita dalami dan penyelidikan dari  riwayat percakapan di handphone, memang betul mobil yang digunakan pelaku, berasal dari  wilayah Kota Blitar, dan mobil itu merupakan mobil sewaan atau rental. Saat ini kasus ini masih terus kita kembangkan termasuk mencari barang bukti laptop hasil kejahatan pelaku,” tegas Pamen Polisi yang ramah ini.

Perlu diketahui mengenai aksi pencurian di terjadi di toko komputer di Jalan Semeru Kota Blitar pada Kamis (17/6) dini hari itu para pelaku berhasil menggondol sebanyak 46 laptop dan beberapa buah ponsel. Informasi diperoleh dari Ririn Indriyani  pemilik toko, saat itu mengatakan berdasarkan rekaman CCTV para pelaku beraksi sekitar pukul 04.00 WIB pagi. Dan dalam rekaman dari CCTV di ruang toko, ada empat orang semuanya  mengenakan jaket hitam dan bermasker, masuk lewat pintu harmonika depan, seterusnya masuk ke dalam toko, dan menguras isi toko. Akibat kejadian tersebut Ririn Indriyani alami kerugian ratusan juta rupiah. Les