Dua Siswa MAN 1 Jombang Terpapar Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 08 Feb 2022 14:32 WIB

Dua Siswa MAN 1 Jombang Terpapar Covid-19

i

Sekolah MAN 1 Jombang ditutup usai dua orang siswa terpapar Covid-19. SP/Arief

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Dua orang siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jombang terpapar Covid-19 varian Omicron. Kedua siswa MAN 1Jombang tersebut saat ini menjalani isolasi mandiri dengan pemantauan tim medis. Ketua tim gugus tugas Covid-19 MAN 1 Jombang, Abdul Haris menuturkan kedua siswa ini terdeteksi terpapar Covid-19 saat pemeriksaan suhu tubuh dikala hendak masuk sekolah.

"Setiap pagi sebelum siswa masuk ke sekolah, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh di pintu gerbang. Dan terdeteksi suhu tubuh satu siswa mencapai 37 derajat," kata pria yang juga menjabat sebagai Waka Kurikulum MAN 1 Jombang ini, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga: Kasus Omicron XBB Terus Naik, Menkes Budi Tenangkan Warga

Setelah pemeriksaan suhu tubuh itu, siswa tersebut langsung dilakukan swab test dan hasilnya positif. Pagi hari berikutnya, satu orang siswa kembali terdeteksi terpapar Covid-19 varian Omicron ketika dilakukan pemeriksaan melalui swab test.

"Jadi ada dua orang siswa yang positif terpapar Covid-19, tanpa gejala," tutur Haris. Terpapar di Luar Sekolah Berdasarkan hasil tracking kedua siswa MAN 1 Jombang dimungkinkan terpapar Covid-19 varian Omicron di luar sekolah. "Keduanya terpapar di luar sekolah (kafe), jadi bukan klaster Madrasah," kata Haris menegaskan.

Menurutnya saat ini kondisi kedua siswa sudah berangsur-angsur membaik. Karena tidak mempunyai penyakit penyerta serta tanpa gejala. Sebagai antisipasi munculnya klaster sekolah, tim gugus Covid-19 MAN 1 Jombang langsung melakukan tracing semua siswa. Dari hasil tracing maupun pemeriksaan hasilnya negatif.

"Alhamdulillah dari tracing, semua siswa hasilnya negatif," ungkapnya.

Baca Juga: Puncak Omicron XBB, Desember-Januari

Selain tracing, pihaknya juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh sekolah. "Kalau siswa nanti sudah masuk lagi ke sekolah, kondisinya aman," kata Haris.

Pembelajaran Dilakukan Daring

 Munculnya dua orang siswa yang dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron, membuat pembelajaran tatap muka di MAN 1 Jombang untuk sementara dilakukan secara daring atau dalam jaringan.

Baca Juga: Menkes Akui Mutasi SARS-CoV-2 Omicron Subvarian XBB, Biang Kerok Naiknya Covid-19

"Sejak Senin kemarin, sudah kita lakukan pembelajaran jarak jauh atau daring seminggu kedepan. Semoga nanti tidak ada kasus lagi," tutur Haris memungkasi.

Merujuk data Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, hingga 7 Februari 2022 pukul 15.00 WIB. Jumlah kasus Covid-19 mencapai 85 orang. arief

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU