Home / Politik : ANALISA BERITA

Duet Ganjar-Erick Thohir Unggul di Simulasi Tiga Pasangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 08 Nov 2022 21:02 WIB

Duet Ganjar-Erick Thohir Unggul di Simulasi Tiga Pasangan

i

Rikola Fedri, Deputi Direktur Eksekutif Indekstat

SURABAYAPAGI, Surabaya - Hasil survei Indekstat Indonesia menunjukkan pasangan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN RI Erick Thohir unggul dalam simulasi Pilpres 2024 mendatang. Duet Ganjar-Erick memperoleh elektabilitas sebesar 32 persen.

 Sedangkan duet Menteri Pertahanan Prabowo Subianto-Ketum PKB Muhaimin Iskandar memperoleh elektabilitas sebesar 26,,7 persen dan duet Anies Baswedan–Agus Harimurti Yudhoyono berada di tempat ketiga dengan angka 22,9 persen.

Baca Juga: Yusril: Prabowo-Gibran Penuhi Syarat Dilantik Presiden

Dalam simulasi 3 pasangan, elektabilitas Ganjar dan Erick paling tinggi dibandingkang Prabowo-Muhaimin dan Anies–AHY.  Pasangan Ganjar-Erick Thohir unggul di lima wilayah Indonesia yaitu Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Kemudian lima wilayah tersebut disederhanakan menjadi tiga yakni Jawa, Bali Nusa dan Maluku Papua. Di Jawa dan Bali Nusa, Ganjar-Erick Thohir tidak terkejar dengan elektabilitas sebesar 39,1 persen dan 46,7 persen.

Kemudian pasangan Prabowo– Muhaimin dan Anies–AHY kompetitif di pulau Jawa dengan masing-masing elektabilitas 25,9 persen dan 22,5 persen.

Sedangkan untuk Bali Nusa, elektabilitas Prabowo–Muhaimin hanya di angka 10 persen dan Anies–AHY di angka 21,7 persen.

Baca Juga: Alasan Pilpres Ulang, Dibeberkan Anies di Ruang Sidang MK

 Sedangkan di wilayah Maluku Papua, Ganjar-Erick Thohir semakin jauh meninggalkan pesaingnya dengan elektabilitas sebesar 36,7 persen disusul Prabowo– Muhaimin serta Anies–AHY dengan elektabilitas sebesar 30 persen dan 23,3 persen.

Ketika Ganjar dan Erick Thohir berpasangan, cenderung unggul di Jawa, Bali Nusa dan Maluku Papua," jelas Indekstat dalam keterangan yang diterima

Lebih jauh, lembaga Indekstat kembali membedah perolehan suara Ganjar-Erick Thohir di Pulau Jawa. Duet tersebut terlihat unggul mutlak di daerah Jateng dengan elektabilitas sebesar 71,2 persen dan di Jatim unggul bersaing bersama pasang Prabowo-Muhaimin di angka 36,3 persen dan 30 persen.

Baca Juga: Adu Cerdas Antar Advokat

Indekstat juga mengungkapkan referensi dari pemilih Ganjar–Erick Thohir adalah pendukung PDI Perjuangan serta PKB. Sebanyak 64,2 persen pendukung PDI Perjuangan memilih Ganjar–Erick Thohir dan 48,6 persen pendukung PKB memilih Ganjar–Erick Thohir.

Ganjar cenderung unggul ketika berpasangan dengan Erick Thohir dalam simulasi Pilpres 2024.

Indekstat juga melakukan survei tentang simulasi pasangan tokoh potensial calon presiden dan calon wakil presiden. Hasilnya, dalam beberapa skenario simulasi pasangan, Ganjar cenderung unggul terhadap pasangan lainnya ketika berpasangan dengan Erick Thohir.

(Keterangan survei opini publik Indekstat Indonesia dengan tema “Kondisi Sosial Politik dan Kepemimpinan Nasional: 1 Tahun menjelang Kampanye Resmi Pemilu 2024”,  Selasa (08 November 2022).

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU