Dugaan Perselingkuhan Sambo dengan Wanita Cantik Mulai Diungkap

Bharada E saat menceritakan kesaksian sebelum dan sesudah penembakan Brigadir J, di depan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Misteri wanita lain menangis saat ada Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, menjadi bola liar. Dugaan Perselingkuhan Sambo dengan wanita cantik berseragam coklat diusik kuasa keluarga Brigadir J, Martin Lukas Simandjuntak.

Kuasa hukum Brigadir J, mencurigai wanita itu berpakaian coklat. Ada dugaan polwan yang selama kasus pengusutan pembunuhan berencana muncul, diduga selingkuhan Sambo.

Dalam sidang hari Rabu, Bharada Richard Eliezer menceritakan momen ketegangan hubungan Ferdy Sambo dengan Putri Candrawathi. Momen itu terjadi sekitar Juni 2022.

Wanita ini ditemui Bharada Elizer, ada di rumah Sambo di Jalan Bangka. Saat itu, Putri turun dengan wajah marah. Eliezer mengaku tidak berani menyapa atau bertanya ke Putri. "Jadi saat di kediaman Bangka, ibu turun, saya lihat kondisi ibu marah, saya nggak berani tanya," katanya.

Menurut Eliezer, setengah jam kemudian, Ferdy Sambo juga sampai di rumah Bangka itu bersama ajudannya, Adzan Romer dan Sadam. Wajah Sambo juga terlihat marah saat itu. "FS masuk, dia juga kayak marah-marah juga," ucapnya.

 

Wanita Menangis Saat Ada Putri-Sambo

Tidak diketahui apa yang terjadi di dalam. Namun, sekitar dua jam kemudian, ada wanita yang keluar dari rumah Sambo. Eliezer mengaku tidak pernah sama sekali melihat wanita itu. Wanita tersebut keluar rumah dalam kondisi menangis.

"Sekitar satu jam, dua jam, baru tiba-tiba ada orang keluar dari rumah. Pagar kami tutup, dia ketuk dari dalam rumah. Saya bilang Alfons 'ada orang keluar', dia buka pintu, tiba-tiba ada perempuan. Saya tidak kenal dia, nangis dia, baru ini (saya lihat), siapa ya?, " ucap Eliezer.

Saat itu, wanita yang tidak diketahui namanya oleh Eliezer, keluar rumah Sambo, mencari driver-nya. Setelah bertemu dengan driver-nya, wanita itu langsung meninggalkan rumah Bangka.

"Perempuan itu bilang nanya driver dia di mana. Saya lari ke samping panggil driver-nya, mobil Pajero hitam, baru driver-nya datang, perempuan itu naik langsung pulang," ungkapnya.

Sejak kejadian wanita menangis itu, Sambo, katanya, sering ke rumah Saguling. Padahal sebelumnya Sambo ke rumah Saguling hanya ibadah pagi saja. Sambo lebih sering tinggal di rumah Bangka. Rumah Sambo, ada tiga yaitu Jalan Saguling, Duren Sawit dan Jalan Bangka.

 

Dugaan Perselingkuhan

Pengacara Brigadir J, Martin Lukas Simandjuntak, meminta majelis hakim mencari tahu sosok wanita menangis di rumah Sambo tersebut.

"Pasti ada. Pernah kan saya bilang diduga keras pernah terjadi tembak-tembakan katanya di rumahnya si PC (Putri Candrawathi), dan diduga keras dilakukan mereka berdua," ujar Martin kepada wartawan di Bareskrim Polri, Kamis (1/12/2022).

Dia juga menduga bahwa hubungan harmonis antara eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dengan Putri Candrawathi hanyalah rekayasa. Dia meminta agar hakim menggali keharmonisan mereka dalam persidangan.

"Makanya saya bilang hakim perlu menggali keharmonisan di dalam tanda petik di persidangan itu apakah rekayasa atau fakta. Kalau tidak fakta berarti diduga itu ada hubungannya dengan motif kembali mengenai perempuan. Siapa perempuan itu? Yang gosipnya kan ada si cantik yang berseragam cokelat, nah apakah dia, Eliezer tidak tahu, bisa saja dia kan?" jelas Martin.

"Karena pasca digepin istrinya si Putri Chandrawathi kan dia nangis. Dan ada seorang laki-laki namanya Erben dipanggil Koh Erben, nah ini siapa ini? Apa hubungannya Koh Erben? Kenapa ketika FS dan PC berantem ada perempuan kok tiba-tiba ada Erben? Apakah Erben ini seorang PNIP?" sambungnya.

Dia meminta agar lelaki bernama Erben juga turut diperiksa dalam persidangan sebagai saksi. Menurutnya, peran lelaki tersebut berkaitan dengan motif pembunuhan.

"Kan kalau memang ada dugaan perselingkuhan diselesaikan aja antara orang ketiga, istri dan orang yang selingkuh. Ini kok tiba-tiba ada orang bernama Erben. Ini siapa Erben?" ucapnya.

"Ya sesuai dengan KUHAP saksi di BAP bisa dipanggil dihadirkan, agar bisa menerangkan membuat peristiwa pidana tersebut semakin terang. Panggil Erben jadikan sebagai saksi, periksa. Karena ini penting buat motif," lanjutnya. n erc/jk/rmc