Dukung GNNT, Tarik Tunai dan Cek Saldo Via ATM Link Kini Berbayar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Mei 2021 14:16 WIB

Dukung GNNT, Tarik Tunai dan Cek Saldo Via ATM Link Kini Berbayar

i

Nasabah yang tengah Tarik tunai via ATM Link. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kabar tidak menyenangkan bagi nasabah BUMN dan Himbara karena mulai 1 Juni 2021, transaksi cek saldo dan tarik tunai menggunakan ATM Link milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mulai dikenakan biaya. Sebelumnya, para nasabah di empat bank tersebut bisa melakukan kedua transaksi dengan gratis.

Menanggapi hal tersebut, Aestika Oryza Gunarto, Sekretaris Perusahaan BRI mengatakan, penyesuaian biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai nasabah BRI di jaringan ATM Link tersebut merupakan kesepakatan bank milik negara (Himbara) dan untuk mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi. 

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

"Penyesuaian biaya tersebut juga menjadi bentuk healthy business untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan," kata dia dalam keterangan resminya, Jumat (21/5/2021).

Selain itu, menurut Aestika, penyesuaian biaya transaksi tersebut juga merupakan komitmen untuk meningkatkan layanan perbankan inklusif, peningkatan keamanan, dan kualitas layanan yang pada akhirnya menciptakan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. 

Hal ini juga dilakukan untuk mendukung GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) atau mendorong cashless society untuk mengurangi ketergantungan masyarakat atas penggunaan uang tunai dalam bertransaksi. 

Baca Juga: SK Kwarda Jatim Terbit, Semangat Baru Bagi Pramuka Jawa Timur

Bagi nasabah, hal ini menjadi momentum untuk mendorong nasabah bertransaksi secara cashless dan menggunakan digital banking utamanya Internet Banking, BRImo, dan Mobile Banking yang lebih praktis, mudah, dan murah bagi nasabah. 

 Untuk cek saldo, nasabah harus membayar biaya Rp 2.500 dan untuk tarik tunai sebesar Rp 5.000. Sementara untuk transfer, biayanya tidak berubah yaitu tetap Rp 4.000.

Baca Juga: Hari Kamis, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Surabaya

Bank pelat merah menyatakan bahwa pengenaan biaya transaksi ini masih lebih rendah dari beban biaya bagi nasabah yang bertransaksi di ATM bank lain atau di luar ATM Link dan ATM milik bank pribadi.

Di situs resminya, BNI pun memberi perbandingan biaya transaksi dengan ATM non Link yang lebih mahal. Mulai dari cek saldo Rp 4.000, tarik tunai Rp 7.500, dan transfer Rp 6.500. Dsy19

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU